SOLOPOS.COM - Roy Suryo (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA – Roy Suryo menanggapi rumor larangan penyembelihan hewan kurban oleh Ahok. Sayangnya kritik Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini justru dibully netizen.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo jadi yang paling awal protes terhadap rumor pelarangan penyembelian hewan kurban oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Politisi Partai Demokrat yang kerap beradu argumen dengan Ahok ini bahkan menyebut Ahok telah berlaku sara. “Ahok Larang Potong Hewan Kurban,” kicau Roy Suryo, Selasa (24/9/2014), sambil membagikan tautan artikel di Poskotanews.com dan sebuah forum internet yang sumber artikelnya dari akun kontroversial TM2000.

Ahok sebenarnya telah mengklarifikasi kabar itu. Dia mengaku tak pernah mengeluarkan larangan penyembelihan hewan kurban.

“Saya tidak pernah melarang pemotongan hewan kurban. Tidak mungkin saya melarang umat Islam melaksanakan ibadah. Jgn sembarangan mainkan isu,” kata Ahok dalam akun twitternya, Rabu.

Saat Ahok melakukan klarifikasi, Roy Suryo justru menyebut Ahok telah menimbulkan keresahan. “Tweeps, Apapun Klarifikasi dari si Zhong Wan Xie alias Basuki Indra alias BTP alias AHOK, Sudah buat Resah Sekolah2,” kicaunya.

Postingan Roy Suryo ini justru diprotes netizen. Sebagian menyayangkan lantaran pernyataan Roy Suryo justru memancing isu suku agama ras dan antar golongan (SARA).

Dibully Netizen

“Menteri kok pake statement kelas kampung? @kang_Jali.

“ga profesional lg nih mentrinya, jadi hater Ahok ya om? Harusnya baik sangka dan menyejukkan situasi,” @alf_dony.

“@KRMTRoySuryo apa susahnya datengin kantornya @basuki_btp buat klarifikasi? kan deketan, apa masih dendam soal stadion pak roy? “ @dobelden

“@KRMTRoySuryo anda itu Menteri, keturunan ningrat kok malah bersikap kayak anak kecil.. Paraahh.. Galau karna gagal masuk DPR lagi om?,” @bayuwicaksoLo.

 “menteri ini kengangguran…. Ngapain ikut campur urusan Yg bukan domain anda…apa olahraga di Indonesia sudah anda benahi?” ?@ahfaiz.

“pak sampean itu Menteri, bukan Mantri, coba jangan goreng-goreng provokasi, bisa? kalo ga bisa, berarti sampean Mantri,” @diknico234

“menpora kok nebar fitnah.. udah apal lagu Indonesia Raya belum?” @fathorz.

“Um, kyna Insgub No 67 itu ga melarang pnyembelihan kurban, tp mengatur agar pemotongan dilakukan d RPH agar lebih steril deh.” @SleepyMayDay.

Diprotes netizen Roy Suryo tak lantas berhenti. Dia kembali mengunggah berita dan bersikukuh menyebut Ahok melarang penyembelihan hewan kurban.

Diberitakan, pelarangan ini  tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 67 tahun 2014 yang ditandatangani Wakil Gubernur Ahok.

Instruksi tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Penandatanganan dilakukan Ahok ketika menjadi Plt Gubernur tangal 17 Juli 2014.

Ahok  memerintahkan  walikota dan bupati  mengkoordinasikan  dewan mesjid. Intinya, pemotongan hanya diperbolehkan di RPH saja. Dalihnya demi  kebersihan kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya