SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teheran [SPFM], Perseteruan antara Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, dan kubu pemimpin konservatif, Ayatullah Ali Khamenei, semakin panas. Karena terus berlanjut, anggota parlemen yang memihak Khamenei bersiap untuk memakzulkan (impeachment) Ahmadinejad. Buah perselisihan terbaru antara kedua kubu adalah mundurnya wakil menteri luar negeri Iran yang merupakan orang dekat Ahmadinejad, Mohammad Sharif Malekzadeh. Mundurnya Malekzadeh adalah akibat desakan dari parlemen yang mengambil suara mosi pemakzulan terhadap dirinya. Sebelum dipecat parlemen, Malekzadeh yang baru tiga hari menjabat mengundurkan diri.

Selain dikenal sebagai sekutu dekat Ahmadinejad, Malekzadeh juga merupakan sahabat dari menantu sekaligus kepala staf Ahmadinejad, Esfandiar Rahim Mashaei. Diangkatnya Malekzadeh dianggap oleh parlemen sebagai satu lagi upaya Ahmadinejad untuk menancapkan kekuasannya di pemerintahan, yang diduga akan menandingi kekuasaan Khamenei. Sasaran pemakzulan berikutnya dari parlemen adalah Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi karena telah menunjuk Malekzadeh. Para anggota parlemen mengatakan bahwa pengambilan suara untuk pemakzulan Ahmadinejad juga tinggal menghitung hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ahmadinejad selain dikenal sebagai pemimpin yang populis dan tegas, dia juga terkenal sering mengeluarkan keputusan sendiri tanpa berkonsultasi dengan Khamenei. Hal ini dianggap merendahkan posisi Khamenei sebagai pemimpin spiritual tertinggi negeri tersebut. Sebelumnya, Ahmadinejad dibuat malu oleh Khamenei yang menempatkan kembali menteri intelijen Iran yang telah dipecat. Para anggota perlemen kubu Khamenei juga membatalkan rencana Ahmadinejad untuk menggabungkan beberapa kementerian menjadi satu. Tadinya, penggabungan kementerian di Iran ini dimaksudkan untuk memangkas birokrasi dan penggunaan anggaran. [vivanews/lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya