SOLOPOS.COM - (AFP)

(AFP)

New York (Solopos.com)--Pidato Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad menimbulkan aksi walkout massal para diplomat dalam sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Para diplomat AS dan seluruh delegasi Uni Eropa langsung meninggalkan ruang sidang begitu mendengar pidato Ahmadinejad yang menyerang negara-negara Barat mengenai serangan teroris 11 September dan Holocaust.

Dalam pidatonya pada Kamis (22/9/2011) waktu setempat, Ahmadinejad mengatakan bahwa negara-negara “arogan” mengancam siapapun yang mempertanyakan Holocaust dan serangan 9/11 dengan sanksi-sanksi dan aksi militer.

Ahmadinejad menuding AS menggunakan serangan “misterius” 11 September 2001 sebagai dalih untuk melancarkan perang di Irak dan Afghanistan.

“Dengan menggunakan jaringan media imperialis mereka yang berada di bawah pengaruh kolonialisme, mereka mengancam siapun yang mempertanyakan Holocaust dan peristiwa 11 September dengan sanksi-sanksi dan aksi militer,” cetus Ahmadinejad seperti dilansir Telegraph, Jumat (23/9/2011).

Mendengar statemen itu, para diplomat AS bergegas bangkit meninggalkan kursi mereka. Diikuti kemudian oleh 27 diplomat dan delegasi Uni Eropa yang juga meninggalkan ruangan.

Mark Kornblau, juru bicara misi AS di PBB mengecam pidato Ahmadinejad tersebut. “Ahmadinejad punya kesempatan untuk membahas aspirasi rakyatnya sendiri akan kebebasan dan martabat namun dia lagi-lagi malah beralih ke penghinaan anti-Semit yang mengerikan dan teori-teori konspirasi tercela,” cetus Kornblau dalam sebuah statemen.

Dalam pidatonya, Ahmadinejad hanya menyinggung sekilas tentang isu Palestina yang mendominasi sidang Majelis Umum PBB tahun ini. Pemimpin Iran itu tidak berkomentar mengenai rencana Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya