SOLOPOS.COM - Mahmoud Ahmadinejad (JIBI/Solopos/Dok)

Ahmadinejad mengirim surat terbuka untuk Trump.

Solopos.com, TEHERAN – Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengirim surat terbuka untuk Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, Minggu (26/2/2017). Surat itu menyoroti kebijakan politik AS di bawah kepemimpinan Trump.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui surat itu, Ahmadinejad menyampaikan kritik atas kebijakan pembatasan imigran yang diberlakukan Trump. Bukan hanya itu, ia juga menyoroti kebiasaan Trump memperlakukan wanita.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam sejarah, pria harus menghormati wanita. Hal itu dilakukan sebagai penghargaan tertinggi kepada ciptaan Tuhan yang paling mulia,” tulis Ahmadinejad, seperti dikutip Fox News.

Dalam surat itu, Ahmadinejad menulis Trump memang memenangi pemilu. Namun, menurutnya kemenangan itu menggambarkan sistem politik dan pemilu AS yang korup. Ia mengutuk dominasi AS dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), serta campur tangan yang menyebabkan ketidakamanan di dunia. Ia juga mengecam pelarangan migrasi warga Iran ke AS, dan meminta Trump untuk berhenti mengintervensi masalah Timur Tengah.

“Negara AS merupakan tempat tinggal semua orang. Anda seharusnya tidak melakukan pelarangan semacam itu. Anda seharusnya menghapus larangan itu untuk menghormati keragaman ras dan bangsa,” imbuh Ahmadinejad.

Sebagai penutup, Ahmadinejad meminta Trump merevisi kebijakan tersebut selagi masih ada kesempatan. “Empat tahun adalah waktu yang lama, namun bisa berakhir dengan cepat. Kesempatan itu tidak akan terulang kembali, sebaiknya, pergunakanlah waktumu untuk melakukan hal-hal baik,” tutup Ahmadinejad.

Ini bukan kali pertama Ahmadinejad menulis surat terbuka untuk orang nomor satu di Negara Adidaya itu. Sebelumnya, ia juga pernah mengirimkan surat kepada mantan Presiden AS, George Bush dan Barack Obama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya