SOLOPOS.COM - Ahmad Dhani. (Instagram @ahmaddhaniofficial)

Solopos.com, SOLO-Di tengah kabar soal bayaran royalti lagu-lagu Dewa 19, Ahmad Dhani menegaskan hubungannya dengan mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel, baik-baik saja.  Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui pentolan Dewa 19 itu resmi melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. “Saya umumkan, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Sejak saya ucapkan di media hari ini. Saya larang Once Mekel atau Elfonda Once menyanyikan lagu Dewa 19,” ujar pentolan Dewa 19 itu seperti dikutip dari kanal Youtube CumiCumi pada Selasa (28/3/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ahmad Dhani mengungkap alasan melarang pria bernama lengkap Elfonda Once itu  menyanyikan lagu Dewa 19. “Karena sekarang Dewa 19 sedang melakukan tur. Habis Lebaran, nanti dua kali dalam seminggu, itu tur bersama Dewa 19. Jadi tidak boleh ada konser lain yang mengganggu, yang menggunakan lagu Dewa 19,” ungkap Dhani.

Sebelum melarang Once Mekel menyanyikan lagu-lagu Dewa 19,  Ahmad Dhani sempat mengungkapkan hubungan mereka baik-baik saja.  Untuk masalah royalti lagu menurutnya bukan kewajiban penyanyi untuk membayarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selama ini izin aja ga ada ya, minimal telepon atau WA gitu. Minimal itu aja nggak ada tiba-tiba saya lihat nyanyi lagu ini, lagu itu. Itu moral aja, yang dilanggar bukan hukum tapi moral. Penyanyinya nggak melanggar hukum, yang melanggar itu EO,” ujarnya di kanal Youtube Video Legend yang diunggah beberapa waktu lalu, dikutip pada Rabu (29/3/2023).

Hal ini juga berlaku untuk lagu-lagu Dewa 19 yang dinyanyikan Once Mekel. “Jadi kalo ada yang nanya Mas Dhani Mas Dhani ada apa dengan Once? Saya sama Once ndak ada apa-apa, yang wajib bayar bukan Once, tapi EO nya makanya saya harap jangan konfirmasi lagi ke Once. Once tidak mewakili pengarang lagu dan juga Once juga tidak tidak mewakili ahli hukum hak-hak kekayaan intelektual. Jadi saya ulangi sekali lagi biar nggak salah, ini untuk EO nya bukan untuk penyanyinya,” tuturnya.

Selain bicara masalah hubungannya dengan Once Mekel, Ahmad Dhani juga menjelaskan soal royalti lagu. Royalti lagu yang dibawakan di konser menurutnya perlu dibayarkan kepada penciptanya.

“Itu sebenarnya di sini  itu masalah sesuatu yang belum apa ya belum akrab gitu ya kalo suatu band atau artis itu kan sudah mahfum ada manajer harus dibayar sekian ada kru dibayar, operator juga harus dibayar, lha ini lagu juga harus dibayar. Lha masak kru dibayar, operator dibayar, pengarang lagu enggak dibayar? Ya selama ini memang belum ada yang memulai, nah saya coba memulai,” tegasnya.

Ahmad Dhani mengatakan jika hal itu terkait moral. “Kita ga usah bicara soal hukum, kita bicara soal moral aja. [Mau menyanyikan] Lagu kalo ada moral minimal izinlah bro gue nyanyiin lagu elo ya. Kecuali nyanyi di kafe ga bayar ga papa justru saya senang jika lagu Dewa 19 dinyanyikan di kafe. Ini bicara di luar hukum, moralnya dijalankan dulu,” tegasnya.

Penegasan serupa terkait hubungannya dengan Once Mekel saat ini juga terdapat di Instagram Ahmad Dhani. Di salah satu unggahannya pentolan Dewa 19 itu mengunggah tangkapan layar percakapan WA dengan Wahana Musik Indonesia (WAMI) soal EO yang mengundang Once Mekel.

“Bnyak netijen yg salah pham dari postingan ini di kira pakde yg bermasalah secara personal dengan Once, padahal yg di Kejar EO nya,” tulis @just_arief91 di kolom komentar seperti dikutip pada Rabu (29/3/2023).

Tak sedikit pula warganet menyalahkan Once lantaran tidak memberikan informasi tentang EO yang mengundang dirinya. “Kalo Once punya itikad baik, dia akan bantu ADP membuat list nama2 EO yg undang dia,” tulis @anis_be_happy.

“Once nya juga ga info ke mas dhani,” tulis @banrud_16.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya