SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) bereaksi terhadap vonis 1,5 tahun penjara untuk Ahmad Dhani dalam kasus ujaran kebencian. Amien Rais mengancam akan membuat perhitungan terhadap Menkumham atau Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly.

Ancaman Amien Rais itu diungkapkan saat menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019) siang. Amien Rais menilai Ahmad Dhani dipenjara karena campur tangan Menkumham Yasonna Laoly.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

“Anda ini menteri, Menkumham ya. Hati-hati Anda! Jangan sampai melakukan intervensi politik. Kita buat perhitungan nanti,” kata Amien Rais.

Ekspedisi Mudik 2024

Amien Rais mengklaim mendengar jika Yasonna Laoly mengintervensi putusan penjara Ahmad Dhani. Menurutnya, campur tangan Yasonna Laoly itu sangat kentara. “Saya dengar memang ada campur tangan politik dari Menkumham yang sangat kentara,” kata Amien Rais.

Ahmad Dhani mendekam di sel tahanan lantaran dinyatakan bersalah oleh majelis hakim PN Jakarta Selatan karena telah menyebarkan ujaran kebencian di media sosial pada Senin (28/1/2019). Dirinya didakwa 1 tahun 6 bulan penjara.

Setelah membacakan vonis, saat itu juga majelis hakim memerintahkan supaya Ahmad Dhani segera ditahan. Tak berselang lama semenjak berita dirinya divonis, banyak foto yang beredar memperlihatkan kondisi dirinya di dalam rutan.

Salah satu tokoh yang menyampaikan hal itu ialah Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak. Di akun Instagramnya, Dahnil mengunggah foto Ahmad Dhani tengah berbaur bersama tahanan lainnya dalam satu sel yang cukup besar. Dalam foto tersebut pun Ahmad Dhani terlihat sedang berbincang dengan tahanan lainnya.

Sejumlah pihak dari kubu oposisi yang bersimpatik kepada Ahmad Dhani karena menganggap musisi band ternama Dewa 19 yang kini jadi caleg Partai Gerindra itu dipaksakan bersalah. Tak sedikit pula yang datang ke Rutan Cipinang untuk menjenguknya.

Tokoh-tokoh yang terlihat hadir menjenguk Ahmad Dhani diantara lain Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, aktivis #2019GantiPresiden Neno Warisman dan yang lainnya.

Kekinian Ahmad Dhani akhirnya mengajukan banding atas vonis yang diterimanya pada Kamis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya