Ahli Strategi, Putut Gunawan Pernah Pimpin Pemenangan Jokowi-Rudy

Putut Gunawan punya sederet prestasi mentereng, salah satunya pernah memimpin tim pemenangan pasangan Jokowi-Rudy sebagai cawali-cawawali Solo dalam Pilkada 2010.

 Putut Gunawan (tengah) saat menyerahkan formulir Cawali-Cawawali kepada Achmad Purnomo di DPC PDIP Solo 16 sept 2019. (Nicolous Irawan/Solopos)

SOLOPOS.COM - Putut Gunawan (tengah) saat menyerahkan formulir Cawali-Cawawali kepada Achmad Purnomo di DPC PDIP Solo 16 sept 2019. (Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sepak terjang Putut Gunawan, Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Pemenangan Pemilu, tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menurut keterangan koleganya sesama politikus kawakan dan pengurus DPC PDIP Solo, YF Sukasno, Putut punya sederet prestasi mentereng. Salah satunya, Putut pernah memimpin tim pemenangan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-FX Hadi Rudyatmo sebagai cawali-cawawali Solo dalam Pilkada 2010.

PromosiRaih GPTW, Telkom Jadi Dream Job Bagi Pencari Kerja di Indonesia 

Baca Juga : Kabar Duka: Politikus Senior PDIP Solo Putut Gunawan Meninggal Dunia

Saat itu, pasangan Jokowi-Rudy menang telak dengan memperoleh 90,09 persen suara dari lawannya Edhy Wirabumi-Supradi Kertamenawi yang mendapat 9,91 persen suara.

Sukasno melanjutkan Putut kembali dipercaya sebagai Ketua Pemenangan Pilkada Solo tahun 2015 oleh DPC PDIP Solo. Saat itu partai berlambang kepala banteng moncong putih mengusung pasangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo.

Baca Juga : Ini Penyakit yang Diderita Politikus PDIP Solo Putut Gunawan

Pasangan tersebut melawan duet Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri. Lagi-lagi, paslon cawali-cawawali Solo yang diusung PDIP unggul dengan perolehan 60,39 persen suara sedangkan Anung-Fajri mendapat 39,61 persen suara.

Kiprah Putut tidak berhenti di situ saja. Menurut Sukasno, koleganya itu kembali memimpin pemenangan Pilkada Solo tahun 2020 di mana PDIP Solo mengusung pasangan cawali-cawawali Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Baca Juga : Putut Gunawan Sumber Ilmu hingga Katalog Hidup Kuliner Soloraya

Dalam kontestasi itu Gibran-Teguh menang dengan perolehan 86,55 persen suara. Sementara lawan mereka, Bagyo Wahyono-FX Supardjo mendapat 13,45 persen suara. Sukasno menilai pengalaman Putut sebagai jurnalis yang menempanya sebagai politikus.

“Pendapat saya, karena beliau mantan wartawan maka banyak pengalaman dan paham akan strategi. Saya selalu menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan karena sering bersama beliau jadi saya paham betul,” ungkap dia.

Sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, Sukasno sangat kehilangan sosok sahabat dan rekan kerjanya itu.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Disdik Dan DKK Solo Bertemu Bahas Antisipasi Hepatitis Akut, Hasilnya?

Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Solo mengadakan pertemuan untuk membahas upaya dan langkah antisipasi penularan hepatitis akut di sekolah-sekolah.

Pemkab Wonogiri Siapkan Bangsal Isolasi Hepatitis Akut

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah mengantisipasi munculnya penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Bawaslu Boyolali Gandeng Penyandang Disabilitas untuk Awasi Pemilu

Sosialisasi diadakan untuk meningkatkan peran pengawasan partisipatif penyandang disabilitas dalam pemilihan umum (pemilu).

Bawa Sapi Bergejala PMK di Wonogiri, Peternak akan di-Blacklist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri secara tegas berupaya mencegah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak.

Solo Ditunjuk Siapkan SDM Industri Mobil Listrik Dunia, Ini Kata Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Solo Technopark yang ditunjuk jadi penyedia SDM untuk pengembangan industri mobil listrik dunia sangat sibuk setahun terakhir ini.

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Info Lur! 2.241 Loker Tersedia di Virtual Job Fair 2022 Wonogiri

Sebanyak 2.241 lowongan kerja dari 25 perusahaan tersedia pada Wonogiri Virtual Job Fair 2022.

Salah Satu Peritel Terbesar Asia Masuk Solo, Sudah Survei Lokasi Loh!

Salah satu perusahaan ritel atau peritel terbesar di Asia, PT Lulu Group Retail berekspansi ke Solo dan tengah melakukan survei lokasi.

Wuih, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto Juga Bangun Jalan di Bandung Euy

Pengusaha berjuluk crazy rich Grobogan, Joko Suranto, ternyata juga pernah membangun jalan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, pakai uang pribadi senilai Rp1 miliar.

Disparbudpora Klaten Petakan Taman Nyi Ageng Rakit, untuk Apa?

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten memetakan Taman Nyi Ageng Rakit.

Tunggu SE Wali Kota, Satpol PP Solo Minta Warga Tetap Pakai Masker

Satpol PP Solo mengimbau masyarakat tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau tempat terbuka karena belum ada SE Wali Kota yang mengatur boleh lepas masker.

Disdukcapil Klaten Luncurkan Sakura Pengganti Sipon Keduten, Apa Itu?

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan pelayanan online baru bernama Sakura, akronim dari Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan.

249 Calhaj Boyolali Tidak Bisa Naik Haji Tahun 2022, Ini Sebabnya

Kuota haji Boyolali pada 2022 sebanyak 317 calon jemaah haji dengan 91 cadangan.

Tali Pusar Masih Menempel, Ini Usia Bayi yang Membusuk di Bengawan Solo

Tali pusar masih menempel di perut bayi yang jasadnya ditemukan membusuk di pinggri Bengawan Solo di Jaten, Karanganyar.

8 Calhaj Klaten Tunda Keberangkatan Tahun Ini, Kenapa?

Kabupaten Klaten mendapatkan kuota pemberangkatan haji sebanyak 493 calon jemaah haji (calhaj) di tahun ini.