SOLOPOS.COM - Agus Siswanto atau Agusis. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Agus Siswanto atau Agusis. (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Perupa asal Solo, Agus Siswanto atau biasa dikenal dengan sebutan Agusis bakal ngluruk ke Jakarta untuk mengadakan pameran tunggal bertema Batik Mendunia pada 17-21 November 2012 di Galeri Tembi Rumah Budaya, Kebayoran Baru Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui pameran itu, Agusis, bakal mengkampanyekan Batik Solo lewat goresan-goresan di kanvasnya agar batik semakin dicintai dan diminati.

Ekspedisi Mudik 2024

Rencananya ia membawa sebanyak 25 lukisan. Semua lukisan itu berisi tentang  batik Solo seperti motif mega mendung ataupun truntum. Batik dalam visualisasi karyanya juga membahas tentang proses pembuatan batik serta semua hal tentang aktivitas perbatikan. Seperti proses jual beli hingga batik perdamaian yang ia lambangkan dengan sejumlah kepala negara di berbagai belahan dunia yang tengah mengenakan batik dan saling merangkul.

Agus juga berusaha menciptakan inovasi batik dalam karyanya berbahan acrylic itu. Ia memadu padankan warna-warna cerah yang tak lazim dengan motif-motif batik Solo yang biasa dikenal masyarakat umum.

“Motifnya tetap motif baku batik yang biasa digunakan. Tapi untuk warna saya berusaha memadu padankan warna yang tak biasa digunakan,” ceritanya saat ditemui Solopos.com, di kediamannya, di daerah Manahan, Minggu (30/9/2012).

Agus mengaku sengaja mengangkat batik agar karyanya tak sekadar seni. Namun juga memiliki dampak terhadap perkembangan dan pelestarian karya tradisional di Kota Solo. Sementara, inovasi-inovasi yang ia lakukan juga memiliki misi. Agar para perajin batik di Solo khususnya memiliki tambahan referensi pembuatan batik saat melihat karya tersebut. Baik dalam pemilihan warna ataupun cara memadupadankan motif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya