Agus Sis Ciptakan Lukisan Batik Keemasan
Agus Siswanto (Dok/JIBI/SOLOPOS)
Agus Siswanto (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Sukses menggelar pameran tunggalnya dengan batik Solo bertajuk Batik Mendunia, di Omah Budaya Jakarta pertengahan November lalu,  perupa asal Solo Agus Siswanto bakal kembali menciptakan karya-karya teranyarnya tentang batik.

Kali ini, pria yang lebih dikenal dengan sapaan Agus Sis ini bakal mengangkat batik keemasan.

“Batik-batik yang saya lukis nanti temanya tentang emas, yaitu batik yang berwarna keemasan. Akan saya beri semuanya dengan unsur warna emas.”

Hal itu diungkapkan Agus saat ditemui Solopos.com di kediamannya daerah Jalan Gadjah Mada Solo, akhir pekan kemarin.

Agus mengaku pascapameran tunggal terakhirnya tentang batik itu, ia ingin lebih berkonsentrasi menciptakan karya-karya tentang batik nusantara. Rencananya lukisan batik keemasan yang saat ini masih dalam konsep pembuatan itu juga bakal digelar dalam pameran tunggal di Jakarta pada Juni 2013 mendatang.

Berbeda dengan karya pertamanya tentang Batik Mendunia yang lebih banyak menceritakan seputar aktivitas seseorang dengan batik-batiknya, karya kedua Agus ini dijanjikannya bakal sarat dengan nilai edukasi. Ia tak ingin sekadar membatik, namun batik-batik yang ia buat bakal disesuaikan dengan makna filosofinya, sehingga penikmat lukisannya tak hanya melihat nilai estetika karyanya tapi sekaligus bisa belajar tentang sejarah.

“Jadi misalnya batik motif Truntum dikenakan oleh para raja. Jadi nanti di lukisannya saya lukiskan raja memakai batik motif itu,” tambah Agus.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom