SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)–Menteri Keuangan Agus Martowardoyo akan segera mengucurkan subsidi beras miskin (Raskin) senilai Rp 7,5 triliun. Rencananya, subsidi tersebut akan digelontorkan dalam waktu dekat di tahun kelinci ini.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengungkapkan selama ini dalam menyalurkan Raskin, pihaknya menggunakan kredit perbankan yang penjaminannya dilakukan pemerintah. Dengan adanya rencana pembayaran pagu raskin sebesar 50 persen lebih awal, Sutarto menilai dapat meringkan Bulog dalam pembayaran bunga. “Ada anggarannya yang diambil duluan, jadi tidak perlu bayar bunga hingga berbulan-bulan,” ujarnya, Minggu (6/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sutarto menyebutkan dengan kebijakan tersebut maka sekitar Rp7,5 triliun subsidi Raskin akan dikucurkan lebih awal. Namun hingga sekarang, Sutarto mengaku belum menerima subsidi tersebut. “Ya total seluruhnya kan Rp 15 triliun, jadi ada Rp 7,5 trliun bisa jadi uang muka penyaluran Raskin. Tapi Januari, Februari ini belum dibayar,” tuturnya.

Sebelumnya,  Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengeluarkan enam kebijakan fiskal baru di akhir Februari ini. Kebijakan ini menyangkut insentif di bidang perpajakan.

“Jadi ada enam kebijakan baru dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PM) di akhir Februari ini,” kata Agus dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Senin (28/2/2011).

Salah satu dari keenam kebijakan tersebut adalah implementasi pemberian kemudahan dalam pembayaran pagu raskin kepada Bulog untuk dukung penyaluran beras ke rakyat miskin di 2011 yang diatur dalam PMK 125/PMK.02/2010.

“Pagu Raskin 50% dibayarkan lebih awal untuk membantu Bulog melakukan pembelian terlebih dahulu, tanpa pinjam dari lembaga keuangan. Biaya yang dihemat Bulog bisa diganti buat membantu yang tak mampu,” tukas Agus.

Pemberlakuan keenam aturan baru ini menunggu pengesahan menjadi lembaran negara, yang diperkirakan bakal terealisasi Maret 2011.

Sebagai informasi, pada tahun 2011 ini, Bulog menargetkan dapat menyalurkan 3.147.841 ton Raskin kepada 17.488.007 Rumah Tangga Miskin (RTM). Berdasarkan data Bulog, per 4 Maret 2011 lalu, Bulog telah menyalurkan 491.061 ton Raskin.

(dtc/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya