Mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman tiba di Kantor Kejar) Sragen untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kas daerah, Jumat (14/6/2019). (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN — Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan DPD I Partai Golkar Jateng Anton Lami Suhadi ditunjuk partai sebagai pelaksana tugas (plt) Ketua DPD II Partai Golkar Sragen.

Penunjukan oleh DPD I Partai Golkar Jateng itu dilakukan setelah Agus Fatchur Rahman nonaktif sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Sragen lantaran ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen terkait dugaan keterlibatan kasus korupsi kas daerah (kasda).

“Ya, saya yang ditunjuk sebagai plt karena Pak Agus nonaktif terkait kasus kasda. Statusnya nonaktif, sehingga beliau bisa aktif kembali bila dinyatakan bebas oleh pengadilan,” ujar Lami, sapaan akrabnya, saat dihubungi solopos.com, Minggu (7/7/2019).

Sebelumnya mantan Bupati Agus Fatchur Rahman mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Sragen terkait dengan penetapan tersangka atas dugaan keterlibatan kasus korupsi kasda yang rentetannya sampai penahanan.

Proses sidang praperadilan masih terus bertahan sesuai dengan agenda yang ditetapkan hakim.

Sebagai plt, Lami fokus dua hal di internal Partai Golkar Sragen. Pertama, Lami segera mengonsolidasikan kader internal partai untuk penempatan kader-kader terbaik untuk duduk di legilatif, termasuk rencana usulan calon pimpinan DPRD Sragen dan rencana pengisian di alat kelengkapan DPRD lainnya.

Kedua, Lami juga membahas persiapan calon figur dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal dihelat pada 2020 mendatang.

Lami menjelaskan pembahasan internal terkait dengan alat kelengkapan DPRD dilakukan pada pekan ini. Siapa yang bakal duduk di kursi Wakil Ketua DPRD, kata Lami, akan dilihat sesuai dengan urutan jumlah suara terbanyak dan posisinya di struktural partai.

Lami menyebut ada enam kader terbaik Golkar yang duduk di DPRD Sragen. Dari keenam kader tersebut, ujar dia, partai akan mengusulkan tiga nama ke DPD I Golkar Jateng dan direkomendasikan ke DPP. Dia mengatakan dari ketiga nama yang diusulkan akan dipilih DPP untuk menjadi pimpinan DPRD.

Dari keenam nama itu, setidaknya ada tiga nama yang duduk di struktural partai, yakni Bambang Widjo Purwanto yang kini menjabat sebagai Ketua Harian DPD II Partai Golkar Sragen, Sri Pambudi yang menduduki posisi Sekretaris DPD II Partai Golkar Sragen, dan Pujono Elli Bayu Effendi yang bertugas sebagai Bendahara DPD II Partai Golkar Sragen.

Lami pun membenarkan tiga nama tersebut, selain ada tiga nama lainnya, seperti Thohar Ahmadi, Muhamad Haris Effendi, dan Tri Hartanto. “Yang jelas harus mempertimbangkan regenerasi dan kader terbaik,” ujar Lami yang juga Koordinator Wilayah Soloraya DPD I Partai Golkar Jateng.

Terkait dengan persiapan pilkada Sragen, Lami memilih mengikuti tahapan yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen. Dia menyampaikan Golkar belum melakukan lobi-lobi politik tetapi baru tataran penjajakan dengan partai lain untuk peluang koalisi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten