SOLOPOS.COM - Suasana kediaman keluarga Presiden Jokowi saat berlangsung pengajian jelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Kamis (8/12/2022). (Istimewa/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Solopos.com, SOLOAgenda Kota Solo hari ini, Jumat (9/12/2022), cukup padat diawali dengan acara siraman jelang pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

Acara akan berlangsung pada pagi hari di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo. Acara ini berifat tertutup dan hanya dihadiri anggota keluarga.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Siraman ini merupakan salah satu rangkaian proses pernikahan adat Jawa yang dijalankan Kaesang. Seperti diketahui, Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) di Sleman, Yogyakarta.

Setelah itu Kaesang dan Erina akan menjalani prosesi ngunduh mantu hingga resepsi pernikahan di Solo, Minggu (11/12/2022). Acara di Solo akhir pekan ini dikonsep seperti pesta rakyat dengan kirab dan pembagian makanan gratis serta panggung hiburan di Jl Slamet Riyadi.

Agenda lain di Kota Solo hari ini masih pameran produk usaha mikro yang digelar Dinas Koperasi UKM Perindustrian Solo. Kegiatan ini berlangsung di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Jl Ki Hajar Dewantara, Jebres.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Masih Ada Pasar Thrift dan Pameran Produk Usaha Mikro

Menurut informasi di akun Instagram @dinkopukmperinsurakarta, acara yang dibuka sejak Rabu (7/12/2022) tersebut akan berakhir hari ini. Selain produk-produk usaha mikro, pengunjung acara yang berlangsung pukul 09.00 WIB-17.00 WIB ini juga akan dihibur dengan penampilan band dan doorprize.

Sementara itu, pasar thrift atau awul-awul bertajuk Market Place 3 juga masih meramaikan agenda hari ini di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo. Acara yang juga dimulai Rabu (7/12/2022) itu akan berlangsung hingga Minggu (11/12/2022).

Sendratari Ramayana

Mengutip unggahan di akun Instagram @agendasolo, dalam agenda bertajuk Market Place 3 tersebut pengunjung tidak hanya akan dimanjakan dengan beragam awul-awul.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Pasar Thrift di Hall Tirtonadi hingga Bursa Kerja

Ada juga produk-produk UMKM dan makanan di F&B, kemudian special performance dari band-band dan komunitas yang hadir. Acara yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB itu terbuka untuk umum dan gratis.

Sementara bagi Anda yang menyukai pertunjukan Sendratari Ramayana, hari ini pentas dengan lakon Sinta Tundung. Menurut informasi di akun Instagram @pariwisatasolo, pentas yang dipersembahkan Sanggar Mutihan Solo tersebut bisa ditonton secara langsung di Jl MH Thamrin, Kerten, Laweyan, mulai pukul 19.30 WIB.

Acara bisa ditonton gratis alias tanpa dipungut biaya. Selain itu, sendratari ini juga bisa disaksikan secara live streaming via Youtube Balkam TV, Pariwisata Solo, Disbudpar Surakarta, dan Gibran TV.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU 

Agenda lain yang tak boleh dilewatkan para penggemar wayang orang yakni pertunjukan Wayang Orang Sriwedari Solo yang hari ini mengangkat lakon Abimanyu Kembar.

Pertunjukan berlangsung di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO) dengan harga tiket masuk VIP Rp10.000 per orang. Berdasarkan unggahan di akun Instagram @pemkot_solo, reservasi tiket bisa dilakukan dengan menghubungi nomor 0821-3387-8082.

Selain itu penonton juga bisa membeli tiket langsung di lokasi setelah pukul 17.00 WIB. “Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketika memasuki Gedung Wayang Orang Sriwedari, Lur!” tulis pengelola akun @pemkot_solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya