SOLOPOS.COM - Panitia Pelaksana Festival Berlian 2016 berfoto dalam kunjungan ke Harian Jogja, Kamis (10/11/2016). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Agenda Sleman berupa kampanye anti kekerasan akan diikuti seribu anak

Harianjogja.com, JOGJA-Sekitar seribu anak Mojorejo, Tempel, Sleman akan turut berpartisipasi dalam kampanye anti kekerasan kepada anak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kampanye yang dikemas dalam bentuk cap lima jari tersebut menjadi salah satu rangkaian dalam Festival Bersama Lindungi Anak (Berlian) 2016, yang digelar pada 13-20 November 2016 mendatang, di wilayah desa setempat.

Ekspedisi Mudik 2024

Kampanye anti kekerasan terhadap anak merupakan inisiasi Satgas Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kinasih Mojorejo bekerja sama dengan Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. Acara ini didukung pula oleh Puskesmas Tempel dan sejumlah pihak.

Ketua Pelaksana Festival Berlian 2016 Edy Yulianto mengatakan, program kampanye bukan hanya diisi dengan sosialisasi anti kekerasan terhadap anak, melainkan juga menyadarkan masyarakat mengenai hak-hak anak. Yang sudah diatur dalam UU No.23/2002 tentang Perlindungan Anak.

“Setidaknya ada empat hak utama seorang anak, yakni hak untuk hidup, tumbuh kembang, mendapat perlindungan dan hak partisipatif. Kami sedang menggencarkan bagaimana orang tua dalam mendidik juga mau mendengarkan aspirasi anak,” ungkap dia, dalam audiensi di Griya Harian Jogja, Kamis (10/11/2016).

Ketua Satgas PATBM Kinasih Mojorejo Hety Dwi Mawarni menambahkan, agenda yang mendapat dukungan penuh dari pejabat setempat ini juga akan diisi dengan agenda pemeriksaan kesehatan dan sosialisasi penggunaan obat ‘DAGUSIBU’ (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang).

Pemimpin Redaksi Anton Wahyu yang menerima langsung kehadiran tim PATBM Kinasih mengapresiasi kegiatan ini. Selain itu menilai kehadiran PATBM di Mojorejo bisa menginspirasi banyak tempat lainnya, untuk memiliki komunitas yang konsern dalam pencegahan kekerasan terhadap anak.

Acara akan dimeriahkan pula flash mob, pembagian susu gratis, pembagian peluit bambu, serta menghadirkan Dalijo Angkring sebagai bintang tamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya