SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Agenda sepakbola yang macet, membuat Kemenpora akan gelar kompetisi DU tahun depan.

Solopos.com, SOLO — Nasib tim-tim Divisi Utama (DU) saat ini memang tidak menentu. Selepas tampil di turnamen Piala Kemerdekaan, medio September lalu, Tim Transisi Kemenpora belum mengagendakan turnamen maupun kompetisi untuk tim-tim kasta kedua Tanah Air.

Promosi Adu Cermat Peserta Pilpres Gaet Suara Pemilih Muda yang Moody

Kondisi ini berbeda dengan apa yang dialami tim-tim di kasta tertinggi atau Indonesia Super League (ISL). Selepas berkiprah di turnamen Piala Presiden, tim-tim ISL langsung bersiap untuk menghadapi Piala Jenderal Soedirman, yang rencana digelar pertengahan November nanti.

Meski demikian, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, meminta tim-tim DU tidak putus asa. Ia mengaku saat ini Tim Transisi Kemenpora tengah mengupayakan agar turnamen maupun kompetisi bagi tim DU digelar awal tahun 2016 nanti.

“Untuk saat ini hingga akhir tahun kemungkinan memang baru tim-tim ISL yang dipikirkan. Untuk yang DU rencana baru awal tahun nanti. Entah itu kompetisi atau turnamen, saya rasa sama saja. Yang penting ada kegiatan bagi tim-tim itu,” ujar Djoko saat dijumpai Espos di kompleks Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/10/2015) lalu.

Selain merancang kompetisi, Djoko mengaku saat ini pihak Kemenpora juga tengah fokus mempersiapkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan persepakbolaan Tanah Air yang saat ini tengah dalam sanksi induk sepak bola dunia, FIFA.

“Kalau untuk lobi-lobi dengan FIFA sudah kami lakukan. Semoga saja lobi-lobi ini berhasil. Setelah itu akan ada federasi [sepak bola] yang baru. Saya belum berani bicara apakah itu sebuah kelembagaan baru atau lama. Tapi saya juga enggak mau sebut PSSI, karena bisa saja nanti namanya beda,” imbuh pria asal Sleman itu.

Disinggung kapankah proses penyelesaian masalah dengan FIFA itu berakhir, Djoko memprediksi akan terlaksana pada medio Februari mendatang. Tepatnya, setelah FIFA menyelesaikan permasalahan internalnya melalui Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar 26 Februari mendatang.

“Prediksi saya permasalahan kita ini akan selesai Februari nanti. Setelah, FIFA melangsungkan KLB. Kalau sepertinya sulit, karena FIFA juga sedang fokus menyelesaikan permasalahan internalnya sendiri,” terang Djoko. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Solopos)

Menpora Imam Nahrawi saat rapat berasama anggota DPR beberapa waktu lalu. Ist/dok

Menpora Imam Nahrawi saat rapat berasama anggota DPR beberapa waktu lalu. Ist/dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya