SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Agenda seni malam ini menampilkan pertunjukan wayang kulit di lapangan Dekso

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebuah pagelaran wayang kulit dengan lakon ‘Semar Mbangun Jiwo’ diadakan semalaman mulai pukul 20.00 WIB di Lapangan Dekso, Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, Rabu (27/7/2016). Sajian seni tersebut diharapkan bisa menjadi sarana alternatif bagi sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabag Teknologi Informasi (TI) dan Humas Setda Kulonprogo, Ariadi mengatakan, pagelaran wayang kulit diselenggarakan oleh Sekretariat Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Timnya hanya diajak bekerja sama dan berusaha memfasilitasi, seperti dalam hal perizinan tempat dan bantuan publikasi. Sedangkan semua anggaran dan konsep acara dipegang langsung oleh Sekretariat MPR RI.

Ariadi mengatakan, lakon ‘Semar Mbangun Jiwo’ dibawakan oleh dalang bernama Ki Seno Nugroho. Kisah yang dijadikan diharapkan tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat, melainkan juga menyampaikan nilai-nilai seputar empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan bhinneka tunggal ika. Acara itu juga terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis.

“Jadi ini adalah acara hiburan sekaligus edukasi berupa pertunjukan wayang kulit,” ucap Ariadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya