SOLOPOS.COM - Situasi pergelaran Motocross Grand Prix (MXGP). (Mxgp.com)

Agenda Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 bakal digelar di sirkuit Bukit Semarang Baru, Mijen, Kota Semarang, Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 bakal digelar di sirkuit Bukit Semarang Baru, Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah, awal Juli 2018 mendatang. Arena untuk mendukung agenda internasional di Kota Semarang tersebut kini tengah disiapkan dengan pembuatan lintasan adu balap motor trail bermesin khusus (special engine) tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pembuatan sirkuit untuk event MXGP 2018 sudah dimulai sejak seminggu lalu dengan proses cut and fill [gali dan uruk],” papar Wali Kota Hendrar Prihadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/3/2018).

Menurut Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—pembuatan lintasan untuk event motocross itu dilakukan panitia dengan supervisi dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Pembuatan lintasan untuk MXGP 2018 itu, menurut dia, ditargetkan rampung Mei 2018 sehingga Juni 2018 sudah bisa dipakai latihan oleh para pembalap luar negeri yang mengikuti agenda internasional di Kota Semarang tersebut.

“Sirkuit untuk MXGP itu sama-sama di Mijen, yakni di kawasan BSB. Tidak jauh dari Sirkuit Mijen yang sedang dibangun Pemerintah Kota Semarang,” kata politikus PDI Perjuangan tersebut.

Ia mengatakan Pemkot Semarang mendapatkan rekomendasi dari pemilik kawasan BSB untuk memakai lahannya seluas sekitar 20 hektare untuk dipakai event motocross skala internasional itu. “Kami mendapatkan rekomendasi dan izin dari pemilik BSB untuk memakai lahannya. Dana pembangunannya dari swasta semua. Sirkuit itu tidak permanen, jadi khusus untuk event itu,” katanya.

Berkaitan dengan persiapan menggelar even MXGP 2018, Hendi mengatakan sudah bertemu dengan sejumlah pihak, seperti perwakilan KTM -Sportmotorcycle yang menjadi salah satu peserta agenda internasional di Kota Semarang itu. Yang jelas, kata dia, Kota Semarang siap menyambut para tamu yang akan datang, baik dari dalam maupun luar negeri yang akan meramaikan pergelaran internasional motocross yang bergengsi itu.

Untuk tamu dari luar negeri, baik peserta, panitia, maupun umum, ia menyebutkan sudah disiapkan sebanyak 50 hotel dengan kapasitas sekitar 4.000 kamar untuk tempat menginap yang nyaman. “Kami siapkan perjalanan wisata, seperti kunjungan ke destinasi-destinasi wisata di Semarang. Ini kan momentum yang baik untuk mengangkat sektor pariwisata Kota Semarang,” katanya.

Meski even MXGP 2018 di Semarang hanya berlangsung selama dua hari, yakni 7-8 Juli 2018, Hendi mengatakan rombongan dari masing-masing tim akan tinggal sekitar seminggu di kota bersemboyan aman, tertib, lancar, asri, dan sehat (ATLAS) ini. “Makanya, kami akan maksimalkan promosi menarik di Kota Semarang untuk mereka kunjungi. Sebagai tuan rumah, tentunya kami harus menjamu tamu yang datang agar nyaman dan terkesan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya