SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah durian (JIBI/Solopos/Dok.)

Agenda rutin Kota Semarang, Festival Durian 2017, bakal digelar 24-26 Februari mendtang.

Semarangpos.com, SEMARANG —  Sebanyak 20.000 durian disiapkan Dinas Pertanian Kota Semarang untuk menyemarakkan Festival Durian 2017 yang rencananya digelar di Lapangan Waduk Jatibarang, Kota Semarang, 24-26 Februari mendtang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Festival durian ini sudah yang kesekian kalinya digelar. Kami berharap acara tahun ini bisa lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Distan Kota Semarang W.P. Rusdiana di Semarang, Selasa (14/2/2017).

Menurut dia, penyelenggaraan agenda rutin Kota Semarang itu dimaksudkan mengangkat citra buah-buahan lokal khas Semarang, salah satunya durian yang selama ini menjadi komoditas unggulan di wilayah tersebut. Dalam Festival Durian 2017, kata dia, dikenalkan juga empat varian durian lokal unggulan yang memiliki citarasa khas yang nikmat, salah satunya durian tembaga yang tidak kalah dengan varietas durian unggulan lainnya.

“Kami telah berkoordinasi dengan para petani durian yang ada di Semarang, di antaranya di wilayah Mijen dan Gunungpati untuk menyediakan setidaknya 20.000 durian untuk dihadirkan pada Festival Durian 2017 nantinya,” katanya.

Setiap tahunnya, kata dia, agenda rutin Kota Semarang itu selalu dipadati para pencinta buah dengan bau khas menyengat itu, termasuk untuk mereka yang mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan pada kesempatan itu. Festival Durian 2017 akan menyajikan berbagai kegiatan, seperti lomba durian lokal unggul, lomba makan durian, hingga bursa durian.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemenang lomba durian lokal unggul di festival ini akan diajukan ke tingkat provinsi yang digelar pada Maret mendatang,” katanya. Selain dari petani durian asal Semarang, Dinas Pertanian menurut Rusdiana juga menyiapkan 100 stan yang akan diisi oleh para petani durian dari daerah-daerah lainnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Semarang Achyani menambahkan Festival Durian 2017 merupakan salah satu agenda unggulan Kota Semarang yang diharapkan bisa mendongkrak sektor pariwisata. “Ya, selain untuk mengangkat potensi unggulan hasil pertanian, festival durian ini juga diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Semarang,” katanya.

Apalagi, sambung dia, selama ini banyak pengunjung dari luar kota yang berdatangan pada Festival Durian yang pada 2017 ini digelar di salah satu objek wisata andalan Kota Semarang, yakni Waduk Gajahmungkur.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya