SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah). (JIBI/Antara)

Solopos.com, Madiun — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menemui para korban terdampak erupsi atau letusan Gunung Kelud di Kediri, Blitar, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Demikian dipastikan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 081 DSJ Madiun Mayor Inf Budi Yuwono, Minggu (16/2/2014). Menurutnya, Presiden beserta rombongan akan menggunakan jalur darat untuk menuju Kediri melalui Madiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Presiden dan rombongan berangkat dari Jakarta dengan kereta api melalui Stasiun Gambir menuju Stasiun Madiun. Beliau dijadwalkan tiba di Stasiun Madiun pada pukul 17.00 WIB,” ujar Mayor Inf Budi Yowono kepada wartawan.

Menurut dia, dari Stasiun Madiun, Presiden beserta rombongan akan langsung menuju ke Mess Mulyono di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Magetan untuk beristirahat. Setelah itu, sekitar pukul 19.00 WIB, Presiden akan menerima paparan tentang bencana alam letusan Gunung Kelud dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Kepala BNPB Jatim.

Setelah kegiatan paparan selesai, Presiden dan rombongan akan bermalam di Mess Mulyono Lanud Iswahyudi Magetan. “Acara Presiden selama berada di Madiun dan Magetan adalah tertutup dari media massa. Wartawan baru diperbolehkan meliput saat Presiden telah berada di Kediri, Blitar, dan Malang,” kata Budi.

Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju ke Kediri dan Blitar melalui jalur darat pada Senin (17/2/2014) sekitar pukul 07.WIB. Dilanjutkan menuju ke Malang dan bermalam di sana. “Untuk rute kembali, direncanakan melalui Bandara Abdurahman Saleh Malang, sedangkan cadangannya adalah melalui Stasiun Madiun,” kata dia.

Saat ini, segala persiapan telah dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden dan rombongan. Para anggota TNI dan Polri setempat yang dibantu dengan Pemerintah Kota Madiun dan Tagana bahu-membahu membersihkan jalan yang akan dilalui Presiden dari sisa abu vulkanik erupsi Gunung Kelud.

“Stasiun Madiun telah steril sejak Sabtu (15/2) malam. Jalan utama dari Stasiun Madiun menuju Lanud Iswayuhdi Magetan juga mulai dibersihkan dari sisa abu sejak Minggu pagi dengan mengerahkan kendaraan “water canon”, pemadam kebakaran, dan truk tangki air,” tuturnya.

Seperti diketahui, Gunung Kelud di Kediri mengalami erupsi atau meletus pada Kamis (13/2) malam sekitar pukul 22.50 WIB. Gunung Kelud meletus setelah beberapa jam sebelumnya dinaikkan statusnya dari Siaga (Level III) menjadi Awas (Level IV). Hingga kini, puluhan ribu warga di Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar yang berdekatan dengan lereng Gunung Kelud masih mengungsi di pos pengungsian dan membutuhkan bantuan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya