SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan bertandang ke lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Kamis (23/1) ini. Kepala Negara beserta rombongan dijadwalkan menginap semalam di tenda pengungsian agar leluasa berdialog dengan para korban erupsi itu.

Laman resmi pemerintah Setkab.go.id, Rabu (22/1/2014), memaparkan Presiden SBY bakal bertandang ke Karo dengan didamping Ibu Negara Ani Yudhoyono. Bersama rombongan, Presiden dan Ibu Negara  yang diiringi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II akan bertolak dari Jakarta pada pukul 08.00 WIB. Mereka diagendakan meninjau langsung kondisi dan situasi penanganan erupsi Gunung Sinabung.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Setibanya di Medan, Sumatra Utara, Presiden SBY beserta rombongan dijadwalkan langsung menuju Posko Penanganan Erupsi Gunung Sinabung untuk mendengarkan pemaparan mengenai perkembangan situasi terakhir dan penanganan bencana erupsi Gunung Sinabung. Dalam rangkaian kunjungan tersebut, Presiden SBY dijadwalkan akan melihat langsung kondisi para pengungsi di beberapa lokasi posko pengungsian.

Pada malam harinya, ungkap Setkab.go.id, Kepala Negara akan menginap di tenda pengusian bersama dengan para pengungsi erupsi Gunung Sinabung. Dalam kesempatan ini, juga direncanakan akan dilakukan dialog dengan para korban erupsi Gunung Sinabung, dan masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Kepala Negara.

Bantuan Presiden

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sekitar 8.000 paket dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bagi korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara, telah tiba di Pelabuhan Belawan, Sabtu (18/1/2014). Bantuan paket makanan, minuman dan obat-obatan siap disebar di 89 titik dan ditujukan bagi 28.221 Pengungsi di Tanah Karo, Sumatra Utara.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui kicauan di akun twitternya @SBYudhoyono, Senin (20/1/2014), juga telah mengintruksikan agar kiriman bantuan yang sudah tiba bagi pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara, didistribusikan dengan mekanisme yang baik dan tepat sasaran. Kepala Negara juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), PMI, serta masyarakat lainnya yang telah membantu proses tanggap bencana.

Laman resmi Setkab.go.id mencatat selama erupsi Sinabung, pemerintah telah menyalurkan bantuan bagi pengungsi yang disalurkan melalui:

  1. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyalurkan dana sebesar Rp 20,1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Karo. Sebanyak Rp 7,5 miliar sendiri telah siap dipakai untuk membantu kebutuhan warga yang tinggal di lokasi pengungsian.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan beasiswa dan kebutuhan-kebutuhan pendidikan di Karo.
  3. Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik sebesar Rp 16 miliar pada akhir 2013 dan awal 2014, antara lain berupa lauk pauk, paket family kids, peralatan dapur, dan paket sandang.
  4. Kementerian Pekerjaan Umum meningkatkan penyaluran air bersih bagi 26.174 jiwa atau 8.160 keluarga yang tersebar di 89 tempat pengungsian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya