AGENDA PRESIDEN : Kunjungan Jokowi di Afghanistan Lancar, Menlu & Danpaspampres Sujud Syukur
Retno Marsudi (JIBI/Bisnis/Dedi Gunawan)

Agenda Presiden Jokowi melawat ke sejumlah negara telahs elesai.

Solopos.com, JAKARTA -- Lawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke lima negara di Asia Selatan termasuk Afghanistan telah rampung dan berjalan dengan lancar. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L.P. Marsudi melakukan sujud syukur di dalam Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, setelah seluruh rangkaian acara kunjungan Jokowi selesai.

Menlu bersama Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono melakukan sujud syukur sebagai ungkapan rasa syukur atas kelancaran yang diberikan sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Selasa (30/1/2018).

"Alhamdulillah semua lancar," ucap Menlu, setelah itu Menlu dan Danpaspampres sujud syukur.

Sujud syukur itu secara spontan dilaksanakan di Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 ketika rombongan masih berada di Kabul Afghanistan dan bersiap akan lepas landas, tetapi pesawat belum bergerak.

Uuntuk diketahui, acara kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabul, Afghanistan, sempat diliputi kekhawatiran mengingat sebelumnya terjadi ledakan bom di negara setempat sejak Sabtu (27/1/2018) yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Lokasi bom bunuh diri pada 27 Januari 2018 hanya berjarak sekitar 500 meter dari kantor KBRI di Kabul. Bahkan sesaat sebelum pesawat Kepresidenan Indonesia-1 lepas landas dari Dhaka, Bangladesh, menuju Kabul, Afghanistan kembali terjadi ledakan bom.

Namun, hal itu tidak menyurutkan niat Presiden Jokowi untuk tetap melaksanakan kunjungan kenegaraannya ke Afghanistan. Kunjungan tersebut menjadi kunjungan Presiden RI ke Afghanistan setelah 57 tahun lamanya.

Di sela kunjungannya, Presiden Joko Widodo menerima "Medal of Ghazi Amanullah" dari Presiden Afghanistan yang dianugerahkan pada jamuan santap siang kenegaraan yang diadakan Presiden Mohammad Ashraf Ghani di Istana Presiden Arg, Afghanistan, Senin (29/1/2018).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho