SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi bersama wartawan dari Solo di Istana Negara, Selasa (29/3/2016). (Indah SW/JIBI/Solopos)

Agenda Presiden Jokowi, Selasa (29/3/2016) bersama wartawan dari Solo di Istana Negara Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang puluhan wartawan dari berbagai media massa di Kota Solo ke Istana Negara, Selasa (29/3).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tampak sejumlah Paspampres berjaga di area ruangan yang letaknya samping pintu masuk Istana tersebut. Juru bicara Kepresidenan Johan Budi yang telah menunggu di dalam ruangan itu, menyambut kedatangan para kuli tinta.

Sambil menunggu kedatangan Presiden Jokowi, beberapa wartawan terlihat asyik mengobrol dengan mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Tak berapa lama, pihak rumah tangga Kepresidenan memberi kode bahwa Presiden dalam perjalanan menuju ruangan tersebut. Tanpa aba-aba wartawan langsung berdiri.

Senyum hangat Presiden merekah menyambut kedatangan wartawan Solo. Jokowi terkejut dengan banyaknya wartawan yang memenuhi undangannya. “Kok akeh men. Katanya cuma enam orang,” kelakar Jokowi.

Jokowi mengundang teman-teman wartawan Solo untuk silaturahmi. Jokowi dengan mengenakan batik merah kombinasi hijau kemudian menyalami satu per satu wartawan dan mempersilahkan duduk. Jokowi membuka pembicaraan dengan santai menanyakan bagaimana kondisi bandara Adi Sumarmo Boyolali.

“Bagaimana, bandara masih ramai tidak? Kalau ramai berarti bagus,” tanya Jokowi.

“Bagus pak. Tapi penerbangannya kurang,” celetuk salah satu wartawan. “Lho kemarin saya sudah minta Lion untuk menambah penerbangan. Kalau Air Asia masih kan,” lanjut tanya Jokowi.

Kecewa

Jokowi merasa kecewa maskapai asal Malaysia ini menutup penerbangannya di Solo. Sebab, Jokowi merintis penerbangan Air Asia di Jawa Tengah. Jokowi bahkan bercerita ia bolak balik ke Kuala Lumpur untuk melobi pemilik Air Asia membuka penerbangan di Solo.

Hingga akhirnya Air Asia membuka penerbangan di Solo. “Dulu Air Asia sempat menghentikan penerbangan. Tapi saya tembusi lagi akhirnya buka,” katanya.

Menurut Jokowi, jika maskapai penerbangan menutup operasional d bandara akan memberi citra buruk terhadap kota tersebut. Karena itu Jokowi berharap penerbangan ke Solosemakin bertambah. “Aku masih mikir Solo lho,” ujar Jokowi.

Jokowi menghentikan pembicaraan dan mengajak wartawan makan siang. Rumah tangga Kepresidenan (rumgapres) telah menyiapkan aneka menu tumis daun dewa, tumis tauge ikan teri, udang bakar madu, cumi telor bawang putih, gule kepala ikan, kepiting asap, ikan bawal bintang bakar, burung punai goreng dan sop iga. Sambil menikmati makan siang, Jokowi melanjutkan obrolannya.

Selain persoalan bandara, Jokowi juga menyinggung beberapa program Pemkot yang kini diadopsi ke tingkat nasional. Salah satunya program pemeliharaan kesehatan masyarakat solo (PKMS) diadopsi Kartu Jakarta Sehat (KJK) saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kini Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Johan Budi yang duduk di samping Jokowi, tampak serius mendengarkannya. Sesekali Johan Budi menanggapi perbincangan wartawan dengan Jokowi. Perbincangan terus mengalir. Jokowi terlihat begitu santai dan lepas sesekali bercanda dengan wartawan.

Hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 13.30 WIB. Jokowi pun undur diri mengingat masih ada agenda rapat terbatas yang harus dihadirinya. Namun sebelum meninggalkan ruang jamuan makan, Jokowi menyempatkan diri berfoto bersama wartawan. Bahkan Jokowi dengan sabar meladeni permintaan wartawan untuk berfoto dua-dua.

Wartawan MNC TV Septyantoro mengaku bangga menerima undangan langsung dari Presiden. Undangan ini merupakan tindak lanjut ajakan Jokowi kepada wartawan Solo untuk datang ke Istana Negara. “Akhirnya lega bisa ketemu Jokowi di Istana. Jokowi masih sama tidak ada yang berubah, tetap ramah meski sudah menjadi Presiden,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya