SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Agenda Presiden kali ini berjumpa dengan para bupati. Jokowi mendesak kepala daerah tak terjebak rutinitas birokrasi.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini masih banyak potensi daerah yang belum terangkat, karena kepala daerahnya sibuk dengan kegiatan pemerintahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Oleh sebab itu, Jokowi meminta kepala daerah tidak terjebak dalam rutinitas birokrasi, sehingga melupakan kebijakan strategi pengembangan ekonomi daerahnya.

“Banyak sekali peluang yang dapat ditawarkan kepada investor, banyak komoditas yang dapat saling dipertukarkan antardaerah, tetapi itu tidak banyak dilakukan,” katanya di Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Jokowi dalam sambutannya di depan para bupati mengatakan peningkatan investasi di daerah dapat berdampak langsung kesejahteraan masyarakat.

Presiden menuturkan kepala daerah harus menjalin komunikasi dengan baik dengan kepala daerah lainnya, agar dapat saling melengkapi kebutuhannya.

Dia mencontohkan daerah yang kekurangan pasokan beras dapat langsung berkomunikasi dengan daerah yang kelebihan pasokan komoditas tersebut. Dngan begitu, daerah dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang lebih murah.

“Tidak perlu melalui pihak kedua atau ketiga. Komunikasi langsung antarkecamatan daerah seperti itu harusnya dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Jokowi juga menyebutkan perdagangan dan investasi merupakan salah satu kunci dari pertumbuhan daerah. Perdagangan dan investasi dapat membuka lapangan pekerjaan dan menggerakkan perekonomian daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya