SOLOPOS.COM - Alat timbangan ukur ulang dipasang di Pasar Sampangan, Kota Semarang untuk menyambut kunjungan Presiden Jokowi, Rabu (10/8/2016). (JIBI/Semarangpos.com/Insetyonoto)

Agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Sampangan Semarang batal dilaksanakan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pedagang Pasar Sampangan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kecewa gara-gara Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal mengunjungi mereka. Agenda kepresidenan sebetulnya jelas mencantumkan kedatangan Jokowi ke pasar tradisional di Jl. Menoreh Raya tersebut dalam kunjungan kerja ke Jateng, Rabu (10/8/2016) pagi.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Bukan hanya tercantum dalam agenda kepresidenan, aparatur pemerintah setempat juga telah mempersiapkan segala sesuatu menjelang kedatangan Jokowi di Pasar Sampangan. “Pedagang dilarang menaruh barang dagangan di luar toko, para pedagang kaki lima juga tidak boleh berjualan di depan pasar,” kata Suwarto, salah seorang pedagang, kepada Semarangpos.com.

Aparatur Dinas Pasar Semarang, imbuhnya, juga telah menambah sejumlah prasarana, seperti timbangan alat ukur ulang yang ditempatkan di depan pintu masuk pasar dan perbaikan wastafel untuk mencuci tangan. Alat timbangan ukur ulang bisa dimanfaatkan oleh pembeli untuk mengecek berat barang yang dibeli dari pedagang setempat sesuai dengan timbangan secara gratis.

“Sebelumnya alat timbangan ukur ulang tidak ada karena akan ada kunjungan Presiden Jokowi kemudian dipasang,” ujar pedagang snack dan minuman itu.

Dia menambahkan para pedagang telah mendapat pengarahan dari Dinas Pasar Semarang tentang kunjungan Presiden Jokowi sejak sepekan sebelumnya. “Ya kecewa Presiden Jokowi batal berkunjung ke sini [Pasar Sampangan] karena tidak bisa menyampaikan permasalahan pedagang. Sebaiknya bila Presiden akan melakuan sidak [inspeksi mendadak] langsung datang saja agar tahu kondisi pasar sebenarnya,” ungkap Suwarto.

Rasa kecewa atas batalnya kunjungan Jokowi juga diungkapkan pedagang mainan anak-anak, Galih, karena tidak bisa berdialog langsung dengan Presiden. “Padahal pedagang sudah siap menyambut kedatangan Presiden Jokowi,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang Achyani menyatakan tidak mengetahui alasan pembatalan kunjungan Presiden Jokowi ke Pasar Sampangan. “Saya mendapat informasi dari bagian protokol Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kalau Presiden Jokowi batal berkunjung ke Pasar Sampangan tanpa ada penjelasan,” ujar dia.

Presiden Jokowi, imbuh Achyani, langsung kembali ke Jakarta setelah menunaikan agenda kepresidenan tampil dalam sosialisasi tax amnesty di Hotel Patra Jasa, Kota Semarang Selasa [9/8/2016] malam.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya