SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Agenda Presiden Joko Widodo pekan depan menghadiri raker Kemenlu dengan para duta besar.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri menggelar rapat kerja (raker) pimpinan dengan kepala perwakilan di luar negeri pada 2-5 Februari 2015 mendatang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam pertemuan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Insyaallah akan diselenggarakan tanggal 2-5 Februari. Dan ini sebenarnya adalah melaksanakan arahan dari Presiden,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Muhammad Fachir seusai menghadap Presiden di Istana Kepresidenan, Jumat (30/1/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, Presiden Jokowi memberi arahan kepada Kementerian Luar Negeri agar bisa berperan lebih besar dalam diplomasi negara sahabat. Kemudian duta besar harus menjadi tenaga marketing dan mencari peluang di negara penugasan masing-masing.

“Jadi arahan Bapak Presiden bahwa kita harus hands-on, jadi marketer, opportunity seeker. Duta besar kita di luar negeri memang kita panggil ke sini untuk adakan rapat kerja,” jelas Abdurrahman.

Dalam raker tersebut akan diterjemahkan visi misi Presiden lima tahun ke depan meliputi sektor kedaulatan, diplomasi ekonomi dan perlindungan warga. Secara khusus forum itu juga membicarakan bagaimana meningkatkan kinerja perwakilan.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja diajak dialog interaktif soal agenda prioritas pemerintah bersama Menteri Pertahanan, Panglima TNI, Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, BKPM, Kemenakertrans, dan BNP2TKI.

“Itu yang terkait dengan rapat kerja Kemenlu bersama 132 kepala perwakilan,” papar Abdurrahman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya