SOLOPOS.COM - Iriana Jokowi mendampingi Presiden Jokowi di Kantor Pusat Twitter (Twitter/@KemensetnegRI)

Agenda Presiden Jokowi ke AS selain menghadiri KTT juga mengunjungi sejumlah markas media sosial.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah markas sosial media termasuk Facebook dan Twitter di sela-sela agenda kenegaraan ke Amerika Serikat.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menjelaskan alasan Jokowi tersebut. “Presiden ke Silicon Valley [markas Facebook] karena kita ingin bermitra dengan sosial media mengenai toleransi dan perdamaian,” kata Retno dalam penerbangan menuju Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Ia menuturkan media sosial sempat menjadi alat yang efektif bagi masyarakat di Tanah Air dalam upaya melawan terorisme (counter terorism). Namun pada saat yang sama, media sosial menjadi alat yang digunakan jaringan teroris untuk berkoordinasi dan saling berhubungan.

“Jadi kita bicara dengan Facebook dan Twitter, kita sampaikan begini, sosmed dipakai untuk ektremisme, merekrut FTF [Foreign Terrorist Fighters]. Oleh karena itu kita wajib menyeimbangkan informasi,” kata dia.

Menlu menegaskan sosial media harus mulai dikembangkan untuk menyebarkan fondasi toleransi. “Perdamaian dan toleransi bisa dilakukan melalui sosial media,” kata dia.

Oleh karena itu, Presiden dalam kunjungannya ke Lembah Silikon menorehkan sejumlah pesan toleransi dan perdamaian di dinding markas sosial media di antaranya di Wall Facebook di Menlo Park yakni “Bersama Damai dalam Harmoni”.

Sedangkan di markas Plug and Play, Presiden menuliskan pesan di tembok yakni “Start it up prosper together“.

Sementara, Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat, sekitar pukul 09.24 WIB.

Dalam kesempatan itu, sejumlah pejabat dan menteri yang turut serta dalam penerbangan bersama Presiden yakni Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana.

Presiden baru saja merampungkan seluruh rangkaian agenda kunjungan kerjanya di AS di antaranya menghadiri dua hari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN di Sunnylands, US-ASEAN Business Council di San Francisco, hingga menyambangi pusat ekonomi kreatif Silikon Valley yang menjadi markas Facebook, Googleplex, Plug and Play, hingga Twitter di San Fransisco.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya