SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menikmati fajar pertama 2016 di Dermaga Waiwo, Raja Ampat, Jumat (1/1/2016). (Istimewa/@jokowi)

Agenda Presiden Jokowi ke AS telah rampung.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (19/2/2016), telah kembali ke Tanah Air sesuai melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (AS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jokowi menyampaikan tiga poin hasil perjalanannya itu, salah satunya tentang keberpihakan pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Saya dan rombongan baru saja menyelesaikan kunjungan ke AS untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-AS,” kata Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi menambahkan dari keseluruhan kunjungan kerja tersebut, ada beberapa hal telah dia sampaikan yaitu terkait keinginan Indonesia untuk memastikan hasil KTT tersebut bermanfaat bagi kesejahteraan dan perdamaian bagi Indonesia, ASEAN, dan dunia.

Hal kedua, kata Presiden, penekanan bagi pentingnya keberpihakan pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah era informasi digital.

“Tidak hanya saya sampaikan di KTT tapi juga ditindaklanjuti di Silicon Valley. Dalam permbicaraan saya dengan Facebook, Google, Plug and Play. Mereka telah memberikan komitmen untuk kerja sama dalam pengembangan dunia digital,” kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencontohkan komitmen dengan Google misalnya akan ditindaklanjuti melalui pelatihan bagi 1.000 technopreuner sampai dengan 2020.

“Pesan perdamaian juga telah kita tekankan dalam KTT tersebut ketika saya menjadi pembicara pertama dalam isu counter terorism, pesan damai ini ditindaklanjuti saat saya ke Silicon Valley, pesan perdamaian ini disampaikan ke mereka untuk menyebarkan perdamaian,” kata dia.

Presiden Jokowi mengaku senang ketika pesan damai itu disambut antusias oleh insan sosial media platform di Lembah Silikon.

“Saya juga sangat senang mereka antusias dalam inisiatif saya untuk empowering leaders of peace,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya