SOLOPOS.COM - Mark Zuckerberg dan Presiden Jokowi di Kantor Pusat Facebook, Menlo Park, Silicon Valley (Facebook.com/Mark Zuckerberg)

Agenda Presiden Jokowi ke AS salah satunya menemui bos Facebook di Silicon Valley.

Solopos.com, SILICON VALLEY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan bos Facebook, Mark Zuckerberg, di Silicon Valley, San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (17/2/2016) siang waktu setempat atau Kamis (18/2/2016) pagi waktu Jakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada kesempatan itu, Jokowi mengajak Facebook mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia untuk mencapai visi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara yang mencapai US$130 miliar pada 2020.

Presiden menyatakan Pemerintah Indonesia menyambut baik kontribusi Facebook dalam pembangunan ekonomi dan budaya digital Indonesia.

“Saya harap Facebook dapat kerja sama dalam upaya Indonesia mencapai visi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara yang mencapai 130 miliar dolar AS pada 2020,” ucap Jokowi.

Ekonomi digital di Indonesia, kata dia, dipicu oleh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Untuk itu, Indonesia telah menyiapkan rencana aksi ekonomi digital jangka menengah dan panjang dengan fokus mempercepat pemberian akses digital bagi UMKM.

Sejumlah kebijakan untuk mendorong tumbuhnya techopreneurs dan menarik investasi termasuk di bidang IT serta akses pembiayaan bagi UMKM telah diambil oleh pemerintah Indonesia.

Pemerintah Indonesia, lanjut Presiden, juga terus menetapkan kebijakan yang mendorong inovasi. Di antaranya program nasional menciptakan 1000 technopreneurs serta perlindungan bagi pengusaha start up.

Dalam kaitan menciptakan 1000 technopreneurs, Indonesia mendorong Facebook untuk mendukung edukasi developer IT baru di Indonesia.

“Saya juga harap Facebook dapat mendukung upaya Indonesia untuk memberdayakan ekonomi digital bagi UMKM”, kata Presiden.

Di kantor Facebook, Presiden dan Ibu Negara meninjau ruang kerja para pegawai Facebook, berdialog dengan pegawai Facebook dari Indonesia di Roof Top Garden, dan meninjau lokasi demonstrasi Oculus Virtual Reality.

Dalam mengakhiri kunjungan di Facebook, Presiden menuliskan pesan singkat “Bersama Damai dalam Harmoni”, selanjutnya membubuhkan tanda tangan di dinding Tanda Tangan Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya