SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyapa anak-anak yatim saat berbuka bersama pada hari pertama puasa di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Agenda presiden pada hari pertama Ramadan 2015 adalah berbuka puasa bersama anak yatim.

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat berbuka bersama 400-an anak yatim pada hari pertama puasa di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat berbuka bersama 400-an anak yatim pada hari pertama puasa di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo, Kamis (18/6/2015), menjalani agenda presiden berbuka puasa bersama dengan anak yatim piatu dan warga duafa se-Jabodetabek di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Tidak ada jarak di antara presiden dengan tamu acara dalam agenda presiden itu. Bahkan, Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) tampak lebih cair dalam menjaga sang kepala negara.

Waktu berbuka puasa dalam agenda presiden itu tiba bertepatan dengan pembagian sepeda hadiah kuis buka puasa bersama. Pembawa acara selanjutnya menginstruksikan semua hadirin menuju ruangan sebelah untuk membatalkan puasa.

Tersedia teh panas manis, kurma, kolak pisang, tahu isi dan kue bolu untuk takjil. Ratusan orang itu pun lantas menyemut di antara meja-meja panjang di dalam ruangan Istana Negara.

Kolak untuk Tajil
Jokowi serta para menterinya pun membaur menjadi satu menyambut takjil. Presiden memilih kolak berisi pisang, ubi dan kolang-kaling. Tanpa basa basi Jokowi langsung menikmati takjil hingga habis sambil menyapa undangan dan melayani foto bersama para hadirin.

Hanya kolak yang diambil Jokowi. Setelah itu menuju ruang tengah yang disiapkan untuk salat maghrib berjamaah bersama Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Maritim Indroyono Soesilo dan Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Seusai salat berjamaah, semua tamu diminta keluar ruangan. Di sana digelar aneka hidangan untuk makan malam. Anak yatim menyerbu setiap buffet.

Adapun untuk pejabat setingkat menteri disediakan tempat di teras sisi selatan Istana Negara. Jokowi memilih gabung dengan anak yatim.

Bahkan ketika ingin makan bakso, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut ikut antre bersama anak-anak. Setelah itu, ia juga duduk bersama anak yatim tanpa sungkan. Bahkan orang yang lewat di depannya tidak ngeh jika di situ ada presiden karena mengenakan baju koko warna putih berpeci hitam tanpa dikawal paspampres.

“Ayo silakan makan yang di sebelah sini, biar antrenya tidak panjang,” kata Jokowi meminta hadirin yang antreannya mengular di sisi lain.

Makannya Pecel
Seusai makan bakso, Jokowi meletakkan sendiri mangkok di meja yang sudah disediakan. Setelah itu, ia bergabung dengan para menteri di ruang makan VIP.

Di sana presiden kembali mendatangi buffet dengan menu lain, yakni pecel.

Porsinya standar. Nasi ditambah sayuran, tahu bacem, sate ayam dan ayam goreng paha. Jokowi mengambil paha yang ukurannya kecil bertabur crispy. Jokowi memang sengaja dan memang suka ayam goreng yang ukurannya kecil. “Ayam goreng enak yang kecil,” ujarnya sambil tersenyum khas.

Jokowi memilih tempat duduk yang berjejer dengan istrinya, Iriana Joko Widodo. Sementara itu, di meja yang lain terlihat Menkopolhukam, Mensos, Menko Maritim, Menag dan lainnya.

Presiden tidak semeja dengan menteri-menterinya, tetapi lebih suka mengobrol dengan istrinya.

Diundang Mensos
Hari pertama bulan puasa dihabiskan Jokowi memimpin rapat terbatas. Buka puasanya meminta Mensos Khofifah Indar Parawansa untuk mengundang yatim piatu dan dhuafa se-Jabodetabek. Sedikitnya 400 orang hadir dalam kesempatan itu.

Sajian buka puasa dikemas sederhana aneka makanan tanah air yakni pecel, empal Cirebon, bakso, ayam teriyaki dan es alpukat. Untuk takjilnya kolak, tahu isi, kurma dan bolu. Tidak lebih dari itu. Namun tampaknya Presiden senang dengan acara buka bersama sederhana itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya