SOLOPOS.COM - Luhut Binsar Pandjaitan (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Agenda Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamananan Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis (11/2/2016), mengunjungi Lapas Pasir Putih, Nusakambangan, Cilacap.

Semarangpos.com, CILACAP – Sejumlah terpidana kasus narkoba dan terorisme bakal menempati sel khusus di Lembaga Pemasyarakatan Pasir Putih, Pulau Nusakambangan, Cilacap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tadi kita tinjau, melihat penempatan untuk yang narkoba [terpidana kasus narkoba] dan yang hukuman mati untuk narkoba supaya penjaranya diisolasi sehingga komunikasi keluar jangan jalan. Yang kedua, kita lihat penempatan para teroris yang statusnya juga sama, terisolasi, terpisah,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamananan Luhut Binsar Pandjaitan di Dermaga Wijayapura [tempat penyeberangan khusus menuju Pulau Nusakambangan], Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (11/2/2016) siang.

Luhut mengatakan hal itu kepada wartawan seusai mengunjungi sejumlah lapas di Pulau Nusakambangan bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Kepala Badan Nasional Penggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Saud Usman Nasution, serta sejumlah pejabat lainnya.

Dengan demikian, kata dia, para terpidana kasus narkoba maupun terorisme itu tidak bisa lagi mengendalikan operasi di luar.

Khusus untuk terpidana kasus terorisme, lanjut dia, dalam satu kamar tidak boleh diisi dua orang atau lebih.

“Sendiri-sendiri, di [Lapas] Pasir Putih. Tadi kita mulai empat orang kemudian yang lainnya nanti,” katanya tanpa menyebutkan identitas empat terpidana kasus terorisme yang menempati sel khusus itu.

Ia mengatakan bahwa pihaknya membagi tiga kategori terpidana kasus terorisme itu, yakni ideologis, garis keras, dan simpatisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya