SOLOPOS.COM - Sejumlah abdi dalem Karaton Kasunan Surakarta Hadiningrat mengikuti acara temu kangen dan berbagi rezeki yang diadakan keraton dan Yayasan Terang Bangsa Semarang, Sabtu (14/6/2014). 1000 adbi dalem hadir dalam acara untuk menerima rezeki dalam bentuk sembako. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Ratusan abdi dalem memadati kompleks Pendopo Magangan, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sabtu (14/6/2014) siang. Mereka berdesakan berebut tempat di bagian timur pendopo atau tepat di depan sebuah panggung. Sambil memposisikan diri, masing-masing dari mereka mulai bergoyang mencoba mengikuti irama lagu yang dinyanyikan oleh dua orang lain di panggung.

Rata-rata usia mereka sudah paruh baya. Goyangan yang mereka tampilkan menyesuaiakan dengan kemampuan masing-masing. Goyang pinggul dan lambaian tangan paling banyak diperagaakan oleh ratusan abdi dalem tersebut. Saat itu mereka telah mengikuti acara Temu Kangen antara pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Yayasan Terang Bangsa Semarang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kalau tidak ikut goyang, tidak asyik. Kalau goyang dan maju ke depan [panggung] nanti bisa memperoleh hadiah. Bentuk hadiah bermacam-macam, ada kipas, dispender, magic jar, dan lain sebagainya,” kata salah seorang abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KRRA Sukarno Putro Nagoro, saat dijumpai solopos.com di lokasi, Sabtu.

Sukarno mengatakan acara temu kangen dengan cara berbagi rezeki atau hadiah hampir setiap tahun diadakan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bekerja sama dengan berbagai pihak. “Setiap tahun pasti ada, entah dari perusahaan, yayasan, atau pihak lain. Untuk acara kali ini memang yang datang khusus bagi kami para abdi dalem keraton,” ujar dia.

Sukarno menambahkan abdi dalem yang hadir pada acara temu kangen dan berbagai rezeki ini mencapai ratusan orang. Seluruh abdi dalem yang tersebar di Soloraya sejak sepekan lalu telah diberikan informasi tentang pelaksanaan acara tersebut.

“Pengumuman lewat SMS lalu kami berusaha menyebar ke seluruh adbi dalem. Yang ikut goyang di depan panggung mungkin baru 100 orang tapi lama-lama kelamaan bisa tambah. Nanti bisa ada 1000 lebih abdi dalem yang rencananya juga akan menerima sembako dari Yayasan Terang Bangsa Semarang dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat,” imbuh laki-laki yang juga menjabat sebagai ketua RW 004 Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan, Solo itu.

Senada dengan Sukarno, Pengurus Yayasan Terang Bangsa Semarang, Agus Junanto, mengatakan acara inti temu kangen kali ini untuk mempererat silaturahmi dengan seluruh pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Acara panggung itu hanya hiburan saja. Ibaratnya, kami adalah tamu yang diundang [Keraton]. Kami membawa oleh-oleh dari semarang berupa bingkisan untuk 1000 adbi dalem. Abdi dalem kan bagian dari keraton yang juga tidak boleh dilupakan jasa pengabdian mereka. Bingkisan yang kami bawa mudah-mudahan bisa untuk menambah persiapan kebutuhan di bulan puasa Ramadhan,” kata Agus kepada solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya