SOLOPOS.COM - HArianJOgja_Lomba Derkuku piala Raja

Agenda Jogja di bidang wisata bertambah dengan penetapan lomba seni burung derkuku menjadi agenda tahunan

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pariwisata DIY mendukung penuh acara lomba seni burung Derkuku tingkat nasional yang digelar oleh Persatuan Pecinta Derkuku Indonesia (PPDSI) di Alun-alun Selatan, Minggu (24/7/2016). Karena acara tersebut dinilai memberi dampak pada kunjungan wisata di DIY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Lomba seni burung Derkuku ini baru kedua kali digelar di Jogja memperebutkan piala Paku Alam dan akan menjadi even tahunan Dinas Pariwisata” kata Kepala Sub Bagian Umum, Dinas Pariwisata DIY, Widuri.

Ekspedisi Mudik 2024

Lomba seni burung Berkuku kali, menurut Widuri diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai kota se-Indonesia. Para peserta banyak yang datang membawa sanak keluarga. Dengan demikian, beberapa hotel di Jogja, kata dia, menjadi ramai.

Kemudian dampak lainnya dari lomba itu juga peningkatan ekonomi usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya kuliner, serta para penjual pakan burung. “Ini menjadi nilai positif bagi masyarakat sehingga perlu diapresisi,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan dalam acra tersebut, Widuri mengatakan Dinas Pariwisata DIY menggelontorkan bantuan Rp100 juta kurang sedikit dari ABPD DIY 2016. Agenda tahunan itu akan memperebutkan Piala Paku Alam. Ia menambahkan lomba serupa memperebutkan Piala Sri Sultan Hamengkubuwono juga sudah digelar yang sudah berjalan empat kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya