Tutup Iklan

Agenda Bupati Karanganyar Selama Ramadan, Tausiah Pagi hingga Tarawih Keliling

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempunyai sejumlah agenda khusus selama Ramadan. Agendanya sudah dimulai sejak hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

Agenda Bupati Karanganyar Selama Ramadan, Tausiah Pagi hingga Tarawih Keliling

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat memberikan tausiah di Aula Kantor Disdikbud Karanganyar pada Jumat (16/4/2021). (Istimewa/Dokumentasi Diskominfo Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempunyai sejumlah agenda khusus selama Ramadan. Agendanya sudah dimulai sejak hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

Agenda pertamanya pada hari pertama Ramadan adalah tausiah. Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu memberikan tausiah kepada sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar di Ruang Podang 1.

Kegiatan tersebut berlanjut ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar pada Jumat (16/4/2021). Sebanyak 90 orang ASN mengikuti tausiah Bupati tentang membaca Alquran selama Ramadan.

Baca Juga: Terminal Induk Jati Kudus Masih Sepi Penumpang, Awak Bus Merana

“Kami menyemangati [ASN] agar memanfaatkan kesempatan Ramadan secara optimal. Salah satunya banyak melakukan kebaikan, termasuk membaca kitab suci masing-masing. Di kantor ya dibacalah bersama. Kesempatan yang datang hanya saat Ramadan karena bisa jadi saat tidak Ramadan pasti sibuk,” tutur Bupati saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Bupati menuturkan kegiatan tausiah akan dilaksanakan keliling ke kantor-kantor organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya selama Ramadan. “Saya setiap pagi pindah-pindah bergiliran ke OPD. Pindah-pindah menyemangati mereka,” katanya.

Selain tausiah keliling, agenda Bupati Karanganyar lainnya yakni melaksanakan tarawih keliling atau tarling. Kegiatan tarling mulai dilaksanakan pada Rabu (14/4/2021). Tarling dimulai dari Masjid Al Hidayah di Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu. Berikutnya dilaksanakan di Masjid Al Hidayah di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso pada Kamis (15/4/2021).

Rencana tarling berikutnya, Jumat (16/4/2021), dilaksanakan di Masjid Baitul Himmah di Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo. Tarling akan ditutup pada Kamis (6/5/2021) di Kecamatan Karanganyar.

“Saya sekaligus ngecek penerapan protokol kesehatan saat tarling. Sudah jaga jarak bagus dan jamaah 50% dari kapasitas. Bermasker semua. Saya berharap seperti ini terus. Jangan saat saya pulang berubah lagi,” ujar dia.

Bupati menyebut bahwa masyarakat rindu suasana ibadah berjamaah. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat dapat menjaga kepercayaan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan ibadah.

“Rindu setahun sama sekali tidak ada ibadah di tempat ibadah. Tapi ojo sembrono. Covid masih ada, betul-betul masih ada dan kita harus percaya masih ada. Harus disiplin dijaga betul. Standar prokes jangan dilupakan,” ungkapnya.

Rombongan Pemkab Karanganyar

Dihubungi secara terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Karanganyar, Sunarno, menyampaikan rombongan tarling dari Kabupaten Karanganyar terbatas, yakni tiga kepala OPD, satu orang perwakilan Forkopimda, satu orang utusan lembaga keagamaan, dan satu orang perwakilan dari Baznas.

“Nanti bergiliran. Itu dalam rangka mengantisipasi persebaran Covid-19. Bupati memanfaatkan momen tarling untuk menyampaikan program sehingga yang diundang ya kepala desa dan sekretaris desa, kepala UPT puskesmas dan pertanian. Ada kepala SD hingga SMA/SMK di setiap kecamatan. Sebetulnya selain tarling, ada kegiatan Karanganyar Bertadarus dan Khatam Alquran. Kelanjutan dari Karanganyar Bertakwa,” jelas dia.

Baca Juga: Sambut Bulan Puasa, Hartono Mall Solo Gelar Ramadhan Fashion Fest 2021

Pemkab Karanganyar juga memanfaatkan momen itu untuk menyalurkan sejumlah bantuan. Beberapa di antara 20 paket sembako untuk duafa, sembilan paket bantuan dalam bentuk uang untuk anak yatim piatu di bawah usia 15 tahun. Bupati, lanjut Sunarno, juga menyerahkan bantuan untuk masjid yang menjadi tempat tarling berupa uang dan peralatan salat. Bantuan tersebut diambilkan dari APBD Kabupaten Karanganyar.

“Baznas juga menyerahkan bantuan kepada masjid-masjid di kecamatan tersebut. Mereka yang sudah mengajukan permohonan bantuan dana dan belum sempat terfasilitasi. Bentuknya voucher. Diserahkan kepada camat untuk mencegah kerumunan. Pak camat yang akan membagikan kepada masjid.”

Berita Terkait

Espos Premium

Presiden Akhirnya Turun Tangan dalam Polemik KPK

Presiden Akhirnya Turun Tangan dalam Polemik KPK

Penolakan Jokowi sebagai pesan bahwa TWK untuk memberhentikan pegawai KPK hanya alat yang digunakan oleh Ketua KPK Firli Bahuri secara sistematis untuk melemahkan pemberantasan korupsi.

Berita Terkini

Cuaca di Soloraya Panas Pol, Ini Sebabnya

Inilah penyebab cuaca di Soloraya terasa panas selama beberapa hari terakhir.

Tenggelamnya KRI Nanggala Diyakini Bukan Karena Human Error

KSAL Yudo Margono memupus spekulasi yang mengaitkan nahas kapal selam KRI Nanggala-402 dengan human error atau kesalahan manusia.

Modus Baru Terungkap di Solo, Narkoba Dibungkus Kemasan Permen untuk Kelabui Polisi

Satuan Reserse Narkotika Polresta Solo mengungkap 18 kasus perkara dengan 22 tersangka penyalahgunaan narkotika dalam satu bulan terakhir.

TNI Sebut KRI Nanggala-402 Sudah Tidak Bersuara, Apa Maksudnya?

KRI Nanggala-402 sudah tak lagi bersuara. Hanya sonar yang bisa mendeteksi keberadaan kapal selam tersebut.

Pengemis Muda Pura-pura Lumpuh Ditangkap di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Kantongi Uang Rp500.000

Seorang pengemis muda yang berpura-pura lumpuh dan ditangkap di Pasar Ir Soekarno mengantongi uang Rp500.000.

Menko Airlangga Sebut THR Perkuat Daya Beli Masyarakat, Ini Penjelasannya

Pemberian THR karyawan dan buruh pada Lebaran 2021 adalah upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Indonesia.

Jozeph Paul Zhang Pernah Jualan Komputer & Ber-KTP Salatiga

Polres Kota Salatiga turut melakukan penyelidikan terkait dugaan kasus penistaan agama Jozeph Paul Zang yang pernah tinggal di kota itu.

Warga Dengar Bunyi Klakson Panjang Saat 2 Truk Molen Tabrakan di Ngargoyoso

Warga di sekitar lokasi kejadian sempat meendengar bunyi klakson panjang sebelum dua truk molen kecelakaan di Ngargoyoso.

AJI Solo Gelar Webinar Soal Fakta & Mitos Vaksinasi Covid-19, Yuk Ikutan

AJI Kota Solo menggelar webinar yang mengulas seluk-beluk fakta dan mitos seputar vaksinasi.

Pemkot Jogja Akan Menerapkan Sistem Parkir Kompak, Apa Itu?

Pemkot jogja akan menata lahan parkir di tepi jalan umum. Ke depan, parkir akan dibuat dengan sistem kompak.

Bocah di Karangpandan Tenggelam Saat Mandi di Sungai

Bocah laki-laki warga Kampung Kidangan RT 002/ RW 006, Doplang, Karangpandan meninggal karena tenggelam saat mandi di sungai.

Agenda Bupati Karanganyar Selama Ramadan, Tausiah Pagi hingga Tarawih Keliling

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempunyai sejumlah agenda khusus selama Ramadan. Agendanya sudah dimulai sejak hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

MU Lolos ke Semifinal Liga Europa Seusai Berbesar Agregat atas Granada

Manchester United (MU) lolos ke semifinal Liga Europa seusai mempertegas agregat atas Granada lewat kemenangan 2-0

Tak Ada RT Zona Merah dan Oranye di Klaten, Kegiatan Ibadah Ramadan Bisa Digelar di Masjid

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri. Ibadah tak boleh di masjid jika di wilayah zona merah.

10 Tahun Terkatung-katung, Jagal Kartasura Segera Dieksekusi Hukuman Mati

Eksekusi hukuman mati terhadap jagal asal Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Yulianto bin Wiro Sentono tinggal didepan mata, setelah 10 tahun lamanya terkatung-katung.

Donasi Terkumpul Rp606 Juta, Alfian Siswa SMK Klaten Yang Tersetrum Listrik Saat PKL Bisa Beli Tangan Robotik?

Alfian, siswa SMK di Klaten yang tersetrum listrik hingga keduanya harus diamputasi saat PKL ingin membeli tangan robotik.

Bupati Sleman Keluarkan SE Terkait Operasional Toko Selama Ramadan, Ini Isinya

Jam operasional pelaku usaha kuliner dan hiburan di Sleman diatur dalam SE Bupati Sleman No 451/0881.

Warga Jogja Tipu Teman dengan Kedok Investasi Emas, Habiskan Rp785 Juta Untuk Foya-Foya

Seorang pria asal Jogja menipu rekannya asal Sleman dengan kedok investasi emas. Korban merugi hingga Rp785 juta.

Disangkal Komandan Brimob Maluku Meninggal Akibat Vaksin Astra Zeneca

Polri membantah derasnya kabar yang mengabarkan meninggal dunianya komandan Brimob Polda Maluku setelah disuntik vaksin Astra Zeneca.

Hore! PLN Siap Perpanjang Stimulus Listrik hingga Juni 2021

PLN sudah siap menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus listrik kepada pelanggannya hingga Juni 2021.

Ditunjuk Sebagai Kuasa Hukum, Hotman Paris Sebut Sinarmas Siap Tempuh Jalur Hukum

, Hotman Paris menegaskan pihaknya akan menempuh jalur hukum terkait sejumlah tuduhan kepada Indra Wijaya dari Presiden Komisaris PT Exploitasi Energy Indonesia Tbk. (CNKO) Andri Cahyadi.

Alhamdulillah, Kondisi Camat Klaten Selatan yang Kena Covid-19 Membaik

Meski masih menjalani isolasi, Camat Klaten Selatan tetap aktif berkoordinasi dengan anak buahnya, baik melalui telepon atau WhatsApp (WA).

Manchester United Kembali Posisi Kedua Setelah Tundukkan Newcastle 3-1

Manchester United merebut kembali posisi kedua di klasemen sementara Liga Inggris berkat kemenangan 3-1 atas Newcastle United, pada pertandingan Liga Inggris.

2 Perjalanan KRL Jogja-Solo Tambahan Jalan hingga 21 Februari, Ini Jadwalnya

KAI Commuter tetap menjalankan dua jadwal KRL tambahan pada wilayah Jogja – Solo yang sebelumya melayani sejak 15 Februari 2021. Dua jadwal tambahan ini akan beroperasi selama empat hari, pada 18 – 21 Februari 2021.

Siaga Hijau, Kondisi Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Dipastikan Aman

Berstatus siaga hijau, pintu spilway Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dibuka. Namun kondisi WGM sampai saat ini dipastikan aman.

Keren, Suku Pelopor Pasoepati Ini Kerja Bakti Benahi Lapangan Alkid

Suku Pasoepati yang berasal dari Joyosuran, Pasar Kliwon ini berinisiatif mendorong Lapangan Alun-alun Kidul (Kidul) menjadi pusat olahraga warga Pasar Kliwon di masa mendatang.

Berteduh di Bawah Jembatan, 2 Pemancing Hanyut di Sungai Ngawi

Dua pemancing yang tenggelam dan hanyut itu adalah Karno, 32 dan Heru Setiawan, 27, warga Dusun Duwet, Desa Jagir, Sine.

Cuma Modal Lakban, Seniman Tasikmalaya Bikin Lukisan Wajah Jokowi

Melukis dengan menggunakan media anti mainstream ini sudah ditekuni Saupy sejak 2018.

Bayi Rewel Tak Mau Pakai Masker, Satu Keluarga Diusir dari Pesawat

Dalam video yang dibagikan di Instagram pada Jumat (11/12/2020), menunjukkan dirinya di bandara bersama dengan suami dan putrinya, Edeline setelah turun dari pesawat.

Bukan Cari Ganja, Petugas BNN Ini Malah Berburu Tanaman Hias

Video viral tersebut diunggah oleh akun Tiktok @Djainulmuttakin pada Sabtu (12/12/2020).

Tinggal di Perbatasan, Wanita Ini Harus Taati Aturan Lockdown Berbeda di Rumah & Tamannya

Saat berselisih, Mari hanya perlu pergi ke taman dan mengatakan ke suaminya bahwa dirinya akan minggat ke negara lain.

Solopos Hari Ini: Beban RS Kian Berat

-Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (14/12/2020) mengulas tentang beban rumah sakit di Soloraya yang kian berat seiring meningkatnya kasus Covid-19.

Ruben Onsu Murka Betrand Peto Dihina, Pelaku Akhirnya Minta Maaf

Takut dengan ancaman hukuman, pelaku pun meminta maaf.

Demi Beramal, Cewek Ini Rela Bersepeda Nyaris Bugil

Dari aksi konyolnya itu, Kerri telah mengumpulkan lebih dari £8.000 sekitar Rp151 juta.

Berwisata Sambil Mengenal Beragam Satwa di Batu Secret Zoo

Para pengunjun bisa melihat berang-berang sungai raksasa atau Giant Otter yang akan hadir di Exhibit terbaru Batu Secret Zoo.

Gerah Akibat Cuaca Panas Ekstrem, Atasi Dengan Hal-Hal Berikut

Cuaca panas yang ekstrem di awal musim penghujan ini mengakibatkan kelelahan dan keringat berlebih yang membuat hari tidak menyenangkan.

Pengin Ngemil Saat Diet, Yuk Konsumsi Kudapan Sehat ini

Menjaga berat badan bukan berarti tidak boleh makan camilan sama sekali. Ngemil sebenarnya juga bisa membantu kalian memenuhi nutrisi harian.

Cerita Sri Mulyani Tentang Strategi Atasi Kemiskinan dan Pengangguran

Sri Mulyani saat ini kembali mencalonkan diri maju dalam konstestasi Pilkada Klaten 2020 dengan menggandeng Yoga Hardaya.

Curiga Diselingkuhi, Wanita Ini Siram Selangkangan Pacarnya dengan Air Mendidih

Korban dirawat di rumah sakit selama hampir 26 hari dan menderita luka bakar tingkat dua dan tiga di 12 persen tubuh atasnya.

Cegah Klaster Pilkada, Cabup-Cawabup Sukoharjo Siap Patuhi Protokol Covid-19

Cabup-Cawabup Sukoharjo siap mematuhi protokol kesehatan pencegah Covid-19 untuk mencegah timbulnya klaster pilkada.

Versi Terbaru Android 11 Akhirnya Hadir, Ini Sejumlah Fitur Barunya

Android 11 juga menambahkan Bubble, fitur yang memudahkan Anda untuk menanggapi percakapan penting tanpa harus bolak-balik antara aplikasi.

Pesulap David Blaine Terbang hingga Ketinggian 7.500 Meter, Terus Turunnya Gimana?

David Blaine mengatakan dia berlatih untuk aksinya itu selama dua tahun, termasuk menjadi pilot berlisensi.

Sadis, Wanita Hamil Dibunuh dan Bayinya Dicuri Oleh Teman Sendiri

Wanita itu dibujuk ke lokasi pembunuhan dengan alasan baby shower palsu, sebelum akhirnya dibunuh dengan sadis.

10 Berita Terpopuler : Inilah Preman Paling Ditakuti di Solo

Kehidupan premanisme Solo menjadi berita terpopuler pagi ini.

Simak Tanggalnya!!! SKB CPNS Kota Salatiga Digelar September Ini

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS yang digelar dengan menggunakan metode computer assisted test (CAT) itu rencana digelar di Gedung Setda Kota Salatiga, 12-13 September 2020.

Ngeri, Kamera CCTV Rekam Penampakan Wajah Misterius Awasi Bayi

Video yang sudah ditonton lebih dari belasan juta kali ini juga memunculkan perdebatan sebeneranya apa yang muncul di kamar bayi tersebut.

Samsung Galaxy A01 Core Bisa Dibeli Flash Sale! Harga Rp1 Jutaan

Smartphone Samsung Galaxy A01 Core dilengkapi dengan spesifikasi OS Android One dan Mediatek MT6739 yang dibanderol harga Rp999.000 saat flash sale.

Polisi Ungkap Tak Ada Bekas Penganiayaan di Jasad Satpam Cantik Sragen

Berikut statemen polisi terkait kematian satpam cantik Sragen yang ditemukan di Sungai Bengawan Solo.

Pemkab Bakal Gelar Salat Idulfitri di Alun-Alun Karanganyar, Bupati Juliyatmono Jadi Khotib

Bupati Karanganyar bakal menjadi khotib salat Idulfitri di Alun-Alun Karanganyar.

Round Up Corona Karanganyar: Positif Jadi 6 Orang, Klaster Gowa Negatif

Kasus positif corona terbanyak di Karanganyar berasal dari Gondangrejo sedangkan sebaran ODP merata di setiap kecamatan dengan penumpukan terbanyak di Jatiyoso.

Kembaran Angelina Jolie Terinfeksi Corona di Penjara

Fatemeh masuk penjara setelah ditangkap pada Oktober 2019 atas tuduhan penistaan agama.

Gejala yang Sering Tak Disadari Pasien Virus Corona

Selain demam, batuk, dan sesak napas, ada beberapa gejala lain yang sering tak disadari pasien terinfeksi virus corona COVID-19.

Jumlah Pasien Corona Filipina Melonjak Drastis Usai Tes Massal

Filipina, negara ketiga setelah China dan Italia yang mengimbau karantina rumah bagi sebagian besar penduduknya yang berjumlah 107 juta.

Pesona Dubai Ingin Disaingi Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Dubai dengan segala pesona yang dimiliki menduduki posisi pertama destinasi wisata dengan rata-rata pengeluaran turis terbanyak di dunia.

Pilkada Sukoharjo: Klaim Kantongi 35.000 KTP, Tikus Pithi Nyerah di Detik Terakhir

Tim sukarelawan Panji Panji Hati kesulitan meng-upload syarat dukungan.

Marak Pencurian Ban, Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Kendaraan

Pencuriun ban tak ambil pusing gasak ban di manapun

Solopos Hari Ini: Sama-Sama Yakin

Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (12/2/2020), menyajikan kabar utama mengenai kepercayaan diri para bakal calon wali kota Solo.

Catatan untuk Ekosistem Purwosari

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (31/1/2020). Esai ini karya Sukma Larastiti, perencana transportasi dan aktif di Transportologi untuk mengembangkan transportasi berkelanjutan. Alamat e-mail penulis adalah surel.sukma@gmail.com.

Kisah di Balik 4 Rumah Kosong di Kalikebo Klaten

Begini kisah di balik empat rumah kosong di Desa Kalikebo, Klaten.

Ironi Film Dokumenter: Kaya Makna Miskin Penonton

Beginilah ironi film dokumenter di Indonesia yang kaya makna tetapi miskin penonton.

Kronologi Ledakan Bom Tas di Bengkulu

Begini kronologi ledakan bom tas di Bengkulu, Sabtu (11/1/2020).

Misteri Pohon Ketos di Trucuk Klaten dan Kerajaan Tuyul Part 1

Kisah misteri kali ini tentang mitos pohon ketos dan kerajaan tuyul dan Trucuk, Klaten.

Boyolali Undercover: Tarif Hotel Melati Mulai Rp30.000

Boyolali undercover menguak sisi gelap perhotelan di Boyolali.

Beban Berat Para Menteri Ekonomi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (26/10/2019). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com.

Bukan Pengin Langsing, Adele Giat Olahraga karena Ini…

Inilah alasan Adele giat berolahraga.

Catat! Ini Jadwal Konser Didi Kempot di Soloraya Oktober-November 2019

Didi Kempot akan tampil dalam beberapa acara di wilayah Soloraya pada Oktober hingga November 2019.