SOLOPOS.COM - Ilustrasi persidangan 10 agen Rusia yang ditangkap Otoritas AS. (google)

Ilustrasi persidangan 10 agen Rusia yang ditangkap Otoritas AS. (google)

Pada pertengahan 2012, dunia dikejutkan oleh kabar penangkapan 10 agen rahasia Rusia oleh otoritas Amerika Serikat (AS) di wilayah AS. Ke-10 agen rahasia itu diduga “ditanam” di AS untuk aktivitas mata-mata layaknya pada zaman perang dingin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Otoritas AS, Minggu, 27 Juni 2010 waktu setempat, mengumumkan telah menangkan ke-10 agen rahasia Rusi tersebut. Lokasi penangkapannya pun tersebar di Boston, New York, New Jersey dan Virginia.

Ekspedisi Mudik 2024

Para agen rahasia itu dituduh ditugaskan Badan Intelijen Rusia, SVR untuk masuk AS menggunakan identitas palsu dan menjadi warga AS. Temuan lebih lanjut menunjukkan kelompok itu telah melakukan penyamaran untuk merekrut sumber-sumber politik. Informasi yang terkumpul lantas dikirimkan ke Rusia menggunakan sistem penyandian.

Menurut berkas pengadilan federal, mereka sukses merekrut sumber-sumber informasi bahkan menembus lingkaran pembuat kebijakan AS. Penangkapan yang tergolong besar itu pun langsung menarik minat dunia internasional.

Hubungan kedua negara, Rusia dan AS pun sempat tegang selama kabar penangkapan 10 agen rahasia itu di-blow up media-media internasional.

Bahkan, PM Rusia, Vladimir Putin ikut bersuara. Kepada mantan Presiden AS, Bill Clinton, Putin menyatakan harapannya agar penangkapan 10 warganya itu tidak mengganggu hubungan baik kedua negara.

Sedangkan Menlu Sergei Lavrov mengatakan Moskow berharap Washington memberi penjelasan terkait penahanan itu. Lavrov berpendapat penangkapan itu merupakan upaya seseorang atau satu kelompok dalam pemerintah Amerika untuk merongrong membaiknya hubungan Moskow-Washington.

Satu hal yang dicatat publik dunia, salah satu nama agen rahasia yang ditangkap itu akhirnya menjadi sosok sorotan. Dia adalah Anna Chapman.

Sosok perempuan berambut merah itu langsung mencuri perhatian publik. Penangkapan itu tak lagi sekadar kisah pencurian data rahasia antarnegara. Keberadaan Chapman membuat penangkapan itu berkembang menjadi kisah petualangan agen mata-mata cantik nan seksi. Siapakah Anna Chapman? (Bersambung Bagian II)

Dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya