SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Reuters

JAKARTA-Banyak orang mengeluhkan dirinya mengalami gangguan tidur seperti insomnia (sulit tidur), mendengkur, sering mengantuk, dan lain sebagainya. Bagaimanakah cara mengatasinya?

“Kualitas hidup manusia sangat bergantung pada kesehatan tidurnya,” ujar dr. Andreas Prasadja, seorang sleep physician pertama di Indonesia.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Pria yang juga penulis buku Ayo Bangun dengan Bugar karena Tidur yang Benar ini berbagi tips jitu untuk mendapatkan tidur yang sehat.

1. Jagalah jadwal tidur yang teratur dan cukup

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan jadwal tidur yang teratur dan cukup, tubuh akan membiasakan diri untuk me-recharge tubuh kembali pada kondisi terbaiknya sesuai dengan jam biologis.

2. Biasakan membuat ritual persiapan tidur yang menyenangkan

Menghadirkan kondisi rileks akan memudahkan dalam fokus untuk tidur serta membantu memberikan lebih banyak waktu tidur yang berkualitas.

3. Minum banyak cairan selama beraktivitas di siang hari

Meminum banyak cairan ketika beraktivitas di siang hari mampu mengurangi resiko dehidrasi yang berkaitan dengan mudahnya mengantuk di siang hari.

4. Tidur dalam kondisi gelap

Dengan tidur dalam ruangan yang gelap, mata lebih mudah terpejam dan Anda pun akan terlelap dalam tidur yang nyaman.

5. Gunakan seprai yang lembut dan nyaman

Ganti secara rutin untuk menjaga kebersihannya dan agar kasur bebas dari tunggau (kutu kasur) atau debu yang dapat memancing alergi.

6. Pilih kasur yang nyaman untuk tdiur

Pilihlah kasur yang tepat sesuai dengan karakter postur tubuh agar posisi tidur semakin semakin nyaman.

7. Tidur dalam posisi terlentang

Posisi tidur yang baik adalah dalam kondisi terlentang karena akan melancarkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, dengan tidur terlentang, kekencangan kulit pun akan terjaga dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya