SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil bekas tabrakan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Biasanya mobil bekas tabrakan memiliki tanda yang bisa dilihat, karena itu kamu yang ingin membeli kendaraan roda empat second harus mengetahui apa sajakah cirinya? Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Sikap berhati-hati dan cermat perlu dilakukan saat hendak membeli tunggangan seken. Jangan hanya tergiur harga murah. Sebab tak jarang penjual sengaja menutupi kondisi mobil second dengan berbagai cara.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Misalnya mobil A dikatakan memiliki kondisi yang baik. Padahal sebenarnya mobil tersebut pernah mengalami tabrakan, terkena banjir, dan mengalami kerusakan mesin.

Bagi kamu yang tengah mempertimbangkan beli mobil bekas, sebaiknya ketahui sejumlah tanda bekas tabrakan berikut ini seperti dikutip dari carmudi.com pada Kamis (19/1/2023):

1. Celah Nat Tidak Rata

Celah yang dimaksud terdiri dari bagian nat kap mesin, bumper depan atau belakang, nat pintu, dan bagasi. Perhatikan celah-celah nat pada bagian tersebut. Umumnya mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan bisa presisi di bagian celah ini.

Cara melihatnya adalah memperhatikan celah-celah di sisi kiri-kanan dan atas bawah bagian tersebut. Misalnya untuk kap mesin usahakan celah kiri dan kanan masih sama rapatnya.  Jika di sisi kiri terlihat lebih sempit atau lebih besar celahnya, Anda wajib curiga. Coba tanyakan kepada penjual mobil apakah mobil tersebut pernah menabrak atau tidak.

Pada bagian pintu dan bagasi biasanya celah ini akan terlihat dengan mudah. Caranya lihat bagian pintu dan bagasi tersebut dalam kondisi tertutup. Jika celahnya terlihat besar di salah satu sisi, bisa dipastikan bagian tersebut pernah diperbaiki. Ada kemungkinan juga kalau pintu dan bagasi ini pernah mengalami kerusakan.

Lihat juga di balik kap mesin. Mobil yang belum pernah mengalami kecelakaan bagian dalam kap mesinnya tentu besinya masih lurus dan presisi.

2. Warna Cat Belang

Jika sedang mengecek mobil bekas, sebaiknya buka kap mesin dan periksa area tersebut. Jika di area tersebut terdapat area cat dengan warna belang atau berbeda sebaiknya kamu wajib curiga.  Umumnya hasil cat pabrikan tidak akan berbeda warna. Jika belang, ada kemungkinan mobil tersebut pernah menabrak.

Area yang kami maksud adalah tulangan atau fender bagian dalam yang sewarna bodi. Bagian ini umumnya memiliki warna yang kecoklatan akibat kotor pemakaian. Jika warna area ruang mesin terlihat baru, ini bisa menjadi salah satu ciri mobil bekas tabrakan. Selain area mesin, warna yang belang ini juga bisa dilihat di beberapa titik lainnya seperti pintu, bagasi, dan dek bagian bawah.

3. Dudukan Karet Bergelombang

Ciri lain dari mobil bekas tabrakan adalah tulangan tempat dudukan karet yang bergelombang. Cara melihatnya cukup mudah dengan menarik karet-karet yang ada di bagian bodi mobil seperti bagasi, pintu, dan kap mesin jika ada.

Minta izin terlebih dahulu kepada pemilik mobil untuk melihat kondisi di balik karet tersebut. Jika di balik karet tersebut terlihat tulangan sudah bergelombang sebaiknya kamu hindari untuk dibeli, ya.

Seharusnya bagian tersebut memiliki tampilan yang presisi, lurus dan tidak boleh bergelombang. Jika bergelombang, ada kemungkinan bagian itu pernah mengalami kecelakaan yang cukup parah sehingga diharuskan diperbaiki.  Cara ini jarang diketahui oleh calon pembeli mobil secara umum. Biasanya para pedagang kawakan memakai cara ini untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah menabrak atau belum.

4. Ciri Mobil Bekas Tabrakan Terdapat Karat

Yang namanya bekas tabrakan pasti meninggalkan tanda yang tak bisa dibohongi di mobil. Ciri tersebut adalah munculnya karat di tempat yang tidak seharusnya.  Misalnya di bagian bawah mesin, dekat sokbreker, dekat tempat aki, dan area mesin lainnya. Pada mobil baru yang usianya belum sampai 7 tahun, sebaiknya Anda wajib curiga dengan karat tersebut.  Sebab pabrikan mobil sudah memberikan lapisan anti karat pada mobil keluaran terbaru.

Jika bagian tersebut sudah berkarat, bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir atau mengalami tabrakan. Ini jadi salah satu ciri mobil bekas tabrakan yang bisa kamu ketahui juga. Cek juga bagian dalam interior mobil seperti pedal, lantai dek, bagasi, hingga ke baut-baut di berbagai sudut.

Jika ditemukan adanya karat, sebaiknya mobil tersebut ditinggalkan saja dan cari unit lain dengan kondisi yang jauh lebih baik tanpa adanya karat.

5. Periksa Engsel

Tanda dari mobil bekas tabrakan lainnya bisa dilihat dari bagian engsel pintu. Engsel pada pintu mobil seharusnya tidak dicat senada dengan warna bodi.  Engsel bawaan pabrik biasanya punya warna kekuningan seperti engsel pada pintu rumah atau berwarna perak. Pada mobil bekas tabrakan, biasanya engsel ini akan dicat sewarna dengan bodi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya