SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung anggaran jelang Lebaran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Agar tidak boros, sebaiknya disiplin terapkan tips atur keuangan jelang Lebaran. Ya momentum setahun sekali ini perlu disikapi dengan bijak supaya Anda tidak kalap membelanjakan seluruh uang Anda.

Sebagai momen yang paling dinantikan oleh umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan, Hari Lebaran sangat erat dengan tradisi mudik atau pulang kampung serta bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga. Seluruh kegiatan ini tentu membutuhkan dana yang perlu diperhitungkan dengan cermat. Simak ulasannya di tips keuangan kali ini.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Nah agar kondisi finansial tetap sehat sebaiknya terapkan tips atur keuangan jelang Lebaran berikut ini seperti dikutip dari Antara pada Jumat (15/4/2022):

1. Tentukan anggaran

Tips atur keuangan jelang Lebaran pertama adalah tentukan anggaran terkait kebutuhan di Hari Lebaran. Misalnya, tiket mudik pulang-pergi, membeli bahan-bahan untuk masakan lebaran, membeli baju anak, angpau untuk keluarga, dan sebagainya.

Baca Juga: Sempat Anjlok 2021, Bisnis Rumahan Kue Lebaran Solo Kini Banjir Pesanan

Perincian anggaran tersebut membantu Anda supaya keuangan tidak menipis seusai Lebaran.

2. Pisahkan THR dan gaji

Salah satu yang paling membahagiakan jelang Lebaran adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan Anda tidak kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit.  Anda harus tetap mengalokasikan gaji untuk kebutuhan bulanan. Sementara untuk keperluan menjelang Hari Lebaran, Anda bisa menggunakan THR.

3. Persiapkan dana darurat

Tips atur keuangan jelang Lebaran berikutnya adalah siapkan dana darurat. Meski Hari Lebaran singkat, bukan berarti dana darurat tidak diperlukan. Anda harus tetap mempersiapkan dana darurat dalam bentuk tunai untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tak terduga.

4. Berbelanja sesuai kebutuhan

Momen Lebaran memang seringkali membuat sebagian orang kalap dalam berbelanja karena berpikir momen tersebut hanya sekali dalam setahun.  Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah dibuat, kesampingkan barang-barang yang tak dibutuhkan.

Baca Juga: Ingin Mudik Lebaran 2022 Pakai Kendaraan Pribadi? Cek Syaratnya

5. Belajar keuangan

Tidak ada salahnya Anda belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan keuangan yang salah seperti over budget yang akan membuat Anda kesulitan setelah Lebaran. Anda bisa mendapatkan ilmu belajar keuangan di Ternak Uang Academy. Di sana, Anda akan belajar mengatur keuangan dari nol dengan bantuan profesional.

Baca Juga: Lebaran 2022: PNS Boleh Cuti Mudik, Tapi Dilarang Pakai Mobil Dinas

Mengatur keuangan tak berhenti sampai di Hari Lebaran saja. Selanjutnya, Anda harus tetap disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan.  Anda juga harus segera melunasi utang jika saat  Lebaran Anda menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga harus kembali menabung. Perlu diingat, uang tabungan sebaiknya disisihkan di awal, bukan menunggu sisa pengeluaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya