Agar Masyarakat Karanganyar Tak Resah, Kontak Erat Covid-19 Ikut Tes Swab
Ilustrasi pasien positif Covid-19. Foto swab test di Urumqi, Xinjian, China, 19 Juli, 2020. (Reuters)

Solopos.com, KARANGANYAR--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar masih melaksanakan tes swab kepada kontak erat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan selesai menjalankan isolasi mandiri.

Salah satu pertimbangannya adalah agar masyarakat tidak resah. Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menuturkan gugus tugas di Kabupaten Karanganyar masih belum sepenuhnya menerapkan aturan baru Menteri Kesehatan (Menkes) tentang manajemen klinis.

Pada aturan baru Menkes disebutkan tentang kriteria pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan selesai isolasi. Salah satunya adalah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala (asimptomatik).

Anak-Anak Jenuh, Bulan Depan Bupati Karanganyar Jajal Sekolah Tatap Muka

Pasien terkonfirmasi asimptomatik tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR. Dinyatakan selesai isolasi apabila sudah menjalani isolasi mandiri selama sepuluh hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

"Masing-masing masyarakat macam-macam. Masyarakat ada yang belum paham. Kalau belum swab dan dinyatakan negatif itu belum sembuh. Jadi ya masih ada yang kami swab test setelah terkonfirmasi positif tapi tanpa gejala dan menyelesaikan isolasi mandiri," kata Purwati saat berbincang dengan wartawan, Jumat (7/8/2020).

Menurut dia, kebijakan itu masih perlu disosialisasikan kepada masyarakat sehingga paham. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengantisipasi keresahan masyarakat.

Laksanakan Inpres, Karanganyar Siapkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan

"Masyarakat perlu waktu dan pemahaman. Masih edukasi jadi masih kami lakukan swab test untuk menentukan kesembuhan. Biar masyarakat tidak resah. Khawatir saya nanti gini 'belum swab test kok sudah dinyatakan sembuh'. Untuk memastikan supaya tidak resah. Sambil kami edukasi pelan-pelan. Ya tidak mudah," ujar dia.

 

Isolasi Mandiri

Di sisi lain, Purwati mengingatkan tentang pelaksanaan isolasi mandiri bagi kontak erat yang sudah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Dia dapat menjalani isolasi mandiri di rumah, tetapi dengan catatan melaksanakan protokol kesehatan. Yaitu menjaga jarak dengan anggota keluarga lain, tidur di kamar sendiri, menggunakan peralatan makan sendiri, dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah bersama orang lain.

Puluhan Mobil Antik Adu Molek di Karanganyar, Selfie Kuy!

"Kontak erat kan sebelumnya enggak tahu terkonfirmasi positif Covid-19. Begitu tahu kan isolasi mandiri. Kontak erat itu kan rata-rata satu rumah dengan orang yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19. Isolasi mandiri ya laksanakan protokol kesehatan, jaga jarak, kamar sendiri, peralatan makan sendiri, tidak aktivitas ke luar rumah [berinteraksi dengan banyak orang]. Keluar sebentar boleh untuk berjemur."



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom