SOLOPOS.COM - Ketahui cara menghadapi mertua toxic. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Agar perkawinan Anda dan pasangan tetap harmonis dan kesehatan mental terjaga, sebaiknya ketahui bagaimana cara menghadapi mertua toxic. Ya, jika Anda tak ingin perkawinan hancur dan masih mencintai pasangan, satu-satunya cara adalah berdamai dengan orang tua pasangan Anda.

Menghadapi mertua toxic memang gampang-gampang susah. Sebab tak jarang mereka pintar bermain drama misalnya berlaku manis saat ada anaknya yang merupakan pasangan hidup Anda. Namun saat Anda sendirian, sikapnya bisa berubah 180 derajat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan demikian perlu keterampilan khusus untuk menghadapi mertua toxic yang bisa berpotensi menghancurkan kesehatan mental dan perkawinan Anda. Bagaimana caranya, simak ulasan selengkapnya di tips perkawinan kali ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Gigi-Zayn Malik Putus, Nama Yolanda Hadid Trending di Twitter

Mengutip dari Timesofindia, belum lama ini, menurut Life Coach, Energy Healer dan Terapis, Tiesta Duggal, ada cara untuk menghadapi mertua yang toxic :

1. Identifikasi mereka cukup toxic

Dikutip dari Bisnis.com, Jumat (29/10/2021), salah satu cara menghadapi mertua toxic adalah dengan mengidentifikasi atau mengakui.  Anda juga perlu memahami bagaimana perasaan Anda tentang hal itu. Anda dapat berbicara dengan pasangan Anda atau seseorang yang berkontribusi positif dan membantu Anda lebih memahami dan mengelola situasi.

2. Jangan terlibat dalam argumen

Lepaskan diri Anda secara emosional dari pola tersebut dan kelola emosi tersebut di sekitarnya. Jika perlu, cari bantuan profesional dalam memproses dan menangani emosi Anda. Semakin Anda mencoba menjelaskan dan terlibat, maka semakin banyak drama yang akan tercipta, dan membuat Anda merasa lebih terkuras.

3. Berhenti untuk mencoba mengubahnya

Seringkali ketika kita mengalami perilaku yang tidak menyenangkan dari orang-orang, kita cenderung untuk mencoba mengubahnya. Namun jika seseorang sudah berada dalam pola yang toxic, maka akan sulit untuk mengubahnya. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berusaha menyembuhkan diri sendiri dan melepaskan rasa sakit tersebut, sehingga Anda menjadi lebih damai.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri Ibu Mertua Toxic Seperti Yolanda Hadid

4. Memaafkan

Saat Anda berusaha menyembuhkan rasa sakit, Anda juga perlu untuk mengatasi akar masalahnya. Hal ini meliputi memaafkan mereka dan melakukan afirmasi untuk melepaskan emosi di dalam dan menciptakan realitas yang lebih baik untuk diri Anda.

5. Fokus pada hidup Anda sendiri

Salah satu pelajaran terbesar yang diajarkan oleh hubungan yang sulit adalah menemukan diri kita kembali dan membangun hubungan kita dengan diri kita sendiri. Anda dapat mencari dukungan pada pasangan Anda jika mereka memahami atau berkonsultasi dengan seorang profesional yang dapat menangani perasaan tersebut. Lepaskanlah perasaan tersebut dan ciptakan kehidupan yang dapat bekerja positif untuk Anda, sehingga Anda tidak terjebak dalam siklus rasa sakit atau toksisitas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya