SOLOPOS.COM - Kiper Spanyol, Victor Valdes (tengah), meninggalkan lapangan karena cedera dalam laga persabatan lawan Afrika Selatan di Soccer City, Johannesburg, Rabu (20/11/2013) dini hari WIB. JIBI/REUTERS/Siphiwe Sibeko

 

Solopos.com, JOHANNESBURG – Berharap hasil manis tampil di stadion yang menjadi saksi bisu memenangi Piala Dunia 2010, juara dunia Spanyol justru menelan kekalahan 0-1 dari Afrika Selatan dalam laga persahabatan di Soccer City, Johannesburg, Rabu (20/11/2013) dini hari WIB.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Namun hasil pertandingan ini terancam dihapus oleh FIFA karena Spanyol melakukan terlalu banyak pergantian pemain. Tim juara dunia dan Eropa itu melakukan tujuh pergantian pemain, kelebihan satu pergantian dari yang diizinkan dalam peraturan FIFA untuk laga persahabatan.

Ofisial pertandingan mengizinkan Pepe Reina masuk lapangan menggantikan kiper Victor Valdes yang cedera padahal Spanyol telah melakukan enam pergantian pemain. Keputusan ofisial ini sempat mendapatkan protes dari pelatih Afrika Selatan, Gordon Igesund.

Spanyol yang biasanya memainkan Iker Casillas di bawah mistar gawang pada babak pertama mengganti pemain Real Madrid tersebut dengan Valdes pada babak kedua. Namun kiper Barcelona itu mengalami masalah pada lututnya di menit ke-78 dan tak bisa melanjutkan pertandingan lalu Reina masuk menggantikan Valdes.

Sementara itu, gol semata wayang dalam laga ini tercipta ketika Bernard Parker memberi keunggulan bagi Afrika Selatan melalui tendangannya yang menggoyak gawang Spanyol di menit ke-56. “Ini hasil fantastis dan Anda tidak bisa mengambil begitu saja hasil ini dari kami,” kata Igesund.

Spanyol nyaris menyamakan kedudukan di menit-menit akhir pertandingan namun kiper Afrika Selatan, Itumeleng Khune, melakukan penyelamatan atas percobaan Raul Albiol.

Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, mengakui ini merupakan performa terburuk pasukannya dalam beberapa waktu terakhir. “Saya pikir kami bahkan bisa mengatakan kami pantas mengalami kekalahan,” ujar Del Bosque dilansir Reuters.

“Kami memulai pertandingan dengan baik namun sedikit demi sedikit mereka mulai membuat kami terbuka dan kami mengizinkan mereka melakukan serangan balik,” sambung Del Bosque.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya