SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Komunitas Animal Friends Jogja (AFJ) prihatin banyak arena hiburan yang menggunakan satwa sebagai daya tarik untuk mencari keuntungan. AFJ menilai pertunjukan sirkus maupun foto bersama satwa merupakan bagian dari perampasan hewan yang semestinya tidak dilakukan.

“Libur lebaran biasanya menjadi saat yang berat bagi satwa-satwa karena mereka harus bekerja ekstra melakukan pertunjukan bagi pengunjung.” kata Angelina Pane, disela-sela kampanye animal friend jogja di Titik Nol Kilometer Jogja, Jumat (25/7/2014)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Angelina, banyak kebun binatang melakukan pertunjukan sirkus satwa dan menjadikan satwa sebagai obyek foto guna menarik minat pengunjung. Satwa dipertontonkan sambil menunjukan aneka atraksi, melakukan gerakan sesuai perintah pelatih.

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka diminta menari, berhitung bahkan naik sepeda. Perilaku tersebut, kata Angelina, bukanlah perilaku alami satwa liar yang dapat ditemukan di alam. Untuk dapat menjalankan perintah pelatih, satwa harus menjalani proses panjang pelatihan.

“Sering sekali proses pelatihan sangat kejam. Banyak terjadi perampasan hak satwa” ucap dia.

Anggota AFJ lainnya Daniek Hendarto mengimbau pengelola kebun binatang atau pertunjukan sirkus untuk tidak lagi mengeksploitasi satwa liar untuk kepentingan komersil semata. Pertunjukan sirkus dan foto bersama satwa diakui Daniek, tidak memiliki nilai edukatif sama sekali.

Aksi kampanye AFJ yang dilakukan belasan orang ini sempat menarik perhatian para pengendara kendaraan. Peserta aksi mengenakan pakaian badut sebagai bentuk sindiran atas pertunjukan sirkus. Aksi tidak berlangsung lama, setelah melakukan orasi dan sosialisasi Hentikan Kekerasan Terhadap Hewan mereka membubarkan diri dengan tertib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya