SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Tim verifikasi AFC menyatakan Stadion Sultan Agung belum memenuhi kelayakan apabila difungsikan untuk menggelar kompetisi Liga Champions Asia.    
   
Pada Senin (3/10) kemarin, lima orang AFC bersama satu orang PSSI menggelar verifikasi lapangan Persiba Bantul. Tim dari AFC meliputi Alisher Nikimbaeu (selaku Manager Research and Assesment), Benjamin Tan (Competition Manager), Shahin Rahmani (Media Communication), Auintee (Manager Audit) dan Mahazon Vasuduan Nair (UB Matur Sports Management) sedangkan dari PSSI diwakili Farid Mubaroq.
   
Rupanya, ketiadaan lampu di Sultan Agung jadi sorotan utama. Selain itu, bangku penonton di tribun stadion belum sedikit pun memenuhi kelayakan yang dipersyaratkan induk organisasi sepak bola Asia (AFC). Adapun, bangku stadion yang dianjurkan harus ada nomornya.
   
Akses jalan di seputar stadion yang belum beraspal juga tak lepas dari sorotan tim verifikasi AFC. “Untuk pertandingan Liga Champions, stadion ini belum layak,” ungkap Asisten manajer bidang teknik dan kepelatihan Persiba Bantul, Briyanto, Senin (3/10).
   
Briyanto memaparkan hal tersebut seusai mendampingi tim dari AFC dan PSSI memverifikasi Sultan Agung. Namun, Briyanto menegaskan Sultan Agung sangat layak untuk menyelenggarakan pertandingan kompetisi level tertinggi di Indonesia. “Mereka [AFC] bahkan menyebut Sultan Agung mirip Anfield Liverpool, Inggris,” ungkapnya.
   
CEO Bandung Indonesia Golsport, M Kusnaeni, mengungkapan masih banyak hal-hal kecil di Sultan Agung yang perlu dibenahi, seperti penambahan sekat-sekat ruang. “Saya yakin itu bisa dilakukan sebelum kompetisi dimulai,” ungkapnya saat ditemui Harian Jogja.
   
Diterjemahkan oleh Farid, Rahmini menegaskan saat ini belum ada satu kesimpulan final mengenai hasil yang akan diputuskan AFC soal Sultan Agung. “Hasil secara keseluruhan kami umumkan dua pekan lagi di Jakarta,” ujarnya.
   
Sekretaris Persiba Wikan Werdho Kesworo mengungkapkan upaya pelengkapan fasilitias stadion harus segera diupayakan. “Saya hanya mengutip apa yang disampaikan tim verifikasi AFC yang memberikan pengertian bukan tidak mungkin jika nantinya Persiba akan lolos ke LCA. Jadi, daripada nantinya harus repot dengan persoalan itu, mending harus dipersiapkan sejak sekarang ini,” ujar Wikan.(Harian Jogja/Arif Wahyu)

HARJO CETAK

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya