SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA—Facebot, virus baru yang menyebarkan diri melalui Internet Relay Chat (IRC) dan messenger juga bermetamorfosis menyebarkan diri melalui Facebook Chat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut siaran tertulis yang diterima Bisnis, Selasa (11/9/2012), virus Facebot yang memiliki nama resmi IRCbot.CMBJ mengincar pengguna Facebook karena jumlah pengguna jauh lebih banyak daripada IRC dan messenger. Selain itu, banyaknya pengguna awam dan belum memilki sistem keamanan yang baik karena mereka berpikir dilindungi oleh administrator Facebook dari ancaman aplikasi jahat sehingga korban semakin meningkat.

Virus ini memilki sistem kerja melalui menginfeksi komputer korbannya dan menjadikannya sebagai sarana penyebaran virus melalui FB Chat. Menurut pantauan Vaksincom, dalam kurun 8-9 September 2012, Facebot tercatat mengubah minimal dua kali perubahan situs hosting virusnya. Varian awal file virus dimasukkan ke situs berbagi file www.sendspace.com. Adapun varian berikutnya kemudian mengubah lokasi penyimpanan file virus ke www.ipic-uk.com yakni situs penjual frame foto magnetik yang memberikan fasilitas mengunduh foto.

Seolah belum puas mengeksploitasi www.ipic-uk.com untuk menyebarkan dirinya, Facebot kembali mengeksploitasi situs majalah dewasa Spanyol www.devoraran.com dan menempatkan file virusnya di situs tersebut. Selain mengubah lokasi hosting file virusnya, Facebot juga cukup cerdik menggunakan nama acak dan ukuran file yang berbeda-beda sehingga sangat menyulitkan untuk diblok berdasarkan nama file, hash md5 atau ukuran file.

Saat ini, satu-satunya cara yang efektif adalah mengandalkan proteksi antivirus yang dimiliki (khusus pengguna OS Windows). Namun, jika pengguna suka dengan sembarang mengklik file yang dikirimkan kontak Facebook maka kemungkinan terkena virus ini akan lebih besar.

Kendati demikian, jika penerima file tidak menjalankan file yang dikirimkan oleh Facebot, maka virus ini tidak akan bisa menjalankan aksinya dan penyebarannya terhenti. Penyebaran Facebot menggunakan sendspace dan ipic-uk.com tercatat menjatuhkan korban yang cukup tinggi. Dari data yang dikumpulkan oleh Vaksincom, penyebaran virus ini melalui Devoraran mencapai tingkat tertinggi dan merata, baik di negara Eropa khususnya Spanyol, Amerika, Timur Tengah, India, China, Vietnam sampai Indonesia dan sangat aktif menyebarkan dirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya