SOLOPOS.COM - Adrianus Meliala (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Adrianus Meliala, merasa ditelanjangi atas pemeriksaannya sebagai saksi atas pelaporan fitnah terhadap Polri yang dilakukan oleh dirinya. Adrianus dipolisikan terkait pernyataannya soal Bareskrim seperti mesin ATM Polri.

Adrianus Meliala menyampaikan sebelum diperiksa secara substansial, dirinya merasa tidak diperlakukan sesuai oleh penyidik Bareskrim. “Ketika diperiksa saya pikir oleh Direkturnya, ternyata hanya oleh [polisi berpangkat] AKP. Sebelum masuk ke substansi, saya sudah merasa ditelanjangi,” jelasnya, Rabu (27/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal, lanjutnya, dirinya sebagai Komisioner Kompolnas memiliki hak setara dengan bintang III, atau eselon I. Hal ini, baginya, dirasakan sebagai metode menjatuhkan kedudukan kompolnas. Baca: Polri Dianggap Rendahkan Kompolnas.

Kendati demikian, Kompolnas tetap menginginkan hubungannya dengan Polri tetap terjaga meskipun terjadi permasalahan seperti ini. “Mau bagaimanapun, Polri adalah stakeholder kami, sehingga hubungan harmonis harus tetap dijaga,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Lingkar Madani, Ray Rangkuti, mengatakan Polri tidak memiliki dasar yang kuat untuk memproses Adrianus secara hukum. ”Hanya karena pernyataan beliau di televisi, kemudian dipanggil, itu memberi kesan bahwa Kompolnas berada di bawah Kepolisian,” katanya, Rabu (27/8/2014).

Padahal, lanjutnya, Kompolnas merupakan lembaga independen pengawas Polri yang memiliki kedudukan di atas Kepolisian, setara dengan Presiden dalam hal kepala pemerintahan. ”Ini masalah psikologi ke depannya. Terlihat remeh, tapi memiliki implikasi yang kuat,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya