Admiral Stavridis Komandan tertinggi NATO

BRUSSEL: NATO (North Atlantic Treaty Organisation), Selasa kemarin mengumumkan organisasi itu telah menunjuk Laksamana AS James G Stavridis sebagai komandan militer tertingginya, setelah ada permintaan dari AS. Stavridis menggantikan Jenderal AS John Craddock sebagai Komandan Supreme Allied Commander Europe(SACEUR).

Starvidis adalah komandan Komando Selatan AS, yang bermarkas di Florida di AS. Seperti Craddock, ia sekarang juga akan menjabat sebagai komandan pasukan AS di Eropa.

Pengumuman itu tiba setelah Menteri Pertahanan AS Robert Gates memecat komandan penting di Afghanistan, Jenderal David McKiernan, ketika Washington akan melaksanakan strategi baru mempercepat perang untuk menghentikan pemberontakan gerilyawan Taliban yang meluas. McKiernan digantikan oleh Jenderal Stanley McChrystal.

NATO sekarang memimpin pasukan yang terdiri atas 58.000 tentara dari sekitar 40 negara di Afghanistan. Tujuannya, memperluas pengaruh pemerintah pusat yang lemah dan membantu pembangunan kembali negara itu.

Gates Maret lalu telah merekomendasikan  agar Starvidis ditunjuk (untuk memimpin) SACEUR, jabatan yang secara eksklusif dialokasikan untuk para pejabat AS dan yang markasbesarnya di Mons, Belgia. (Antara/AFP)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom