SOLOPOS.COM - Penghargaan Adipura (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Adipura 2015 merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota-kota bersih di Tanah Air.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Kota Magelang, Jawa Tengah, meraih penghargaan Adipura 2015 untuk kategori kota sedang dari pemerintah pusat sebagai hasil upaya pemkot bersama masyarakat setempat selama ini dalam membangun lingkungan yang bersih, indah, dan sehat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Protokol, dan Sandi Telekomunikasi Pemkot Magelang Sutomo Hariyanto di Magelang, Senin, mengatakan penghargaan Adipura akan diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Penjabat Wali Kota Magelang Rudy Pariyantono di Hotel Bidakara Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

“Pak Penjabat Wali Kota didampingi Kepala Kantor Lingkungan Hidup Machbub Yani Arifin, sudah berangkat ke Jakarta untuk menerima Adipura dari Wapres,” ujarnya.

Kota Magelang pada 2012 dan 2013 menerima Adipura sebagai penghargaan bidang kebersihan, sedangkan pada 2014 menerima Adipura Kencana.

Ia mengakui pada 2015, kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu tidak meraih Adipura Kencana karena memang mekanisme penilaiannya yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Tahun ini untuk penilaian Adipura Kencana lebih ketat dibandingkan dengan tahun lalu. Tapi kita bersyukur tetap mendapatkan Adipura juga tahun ini,” katanya.

Pihaknya telah mendapat informasi dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah terkait dengan 10 daerah di Jateng yang meraih penghargaan Adipura 2015, yakni Kota Magelang, Kota Semarang, Kabupaten Karanganyar, Boyolali, Sragen, Jepara, Kudus, Batang, Pati, dan Purwokerto.

Ia mengatakan hanya tiga kota di Indonesia yang pada 2015 meraih Adipura Kencana, yakni Kota Surabaya dengan kategori sebagai kota metropolitan, Kota Balikpapan kategori kota besar, dan Kota Kendari kategori kota sedang atau kota kecil.

“Untuk wilayah eks-Keresidenan Kedu, tahun ini hanya Kota Magelang yang meraih Adipura,” ucapnya.

Pemkot Magelang telah merencanakan penyambutan kedatangan Adipura pada Selasa (24/11) di perbatasan kota setempat dengan Kabupaten Magelang, di kawasan Sambung, Kecamatan Magelang Utara.

Oleh para camat dan lurah, katanya, Adipura akan dibawa dengan mobil bak terbuka melewati jalan utama di daerah itu hingga kantor pemkot setempat. Masyarakat, pelajar, dan para pegiat kesenian berbagai grup kesenian tradisional bakal turut menyambut kedatangan Adipura itu.

Setelah tiba di halaman kantor pemkot setempat, ujarnya, selanjutnya dilaksanakan upacara penyerahan Adipura dari Penjabat Wali Kota Rudy Apriyantono kepada Ketua DPRD Kota Magelang Endi Darmawan, untuk selanjutnya penghargaan tersebut dikirab menuju berbagai kelurahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya