SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyerahan trofi Adipura. (JIBI/Madiunpos.com/Istimewa-Humas Protokol Pemkot Madiun)

Adipura 2015 gagal diraih Kabupaten Ngawi, inilah penyebabnya.

Madiunpos.com, NGAWI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, Jawa Timur gagal meraih Piala Adipura pada tahun 2015. Apakah sebab Ngawi gagal meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan pengelolaan kota itu?

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi, Sudirman, mengatakan upaya meraih Adipura tersebut terganjal oleh masalah buruknya pengelolaan tepat pembuangan akhir (TPA) kabupaten setempat yang berada di Desa Selopuro, Kecamatan Pitu. “Pemkab Ngawi memang belum maksimal dalam pengelolaan TPA. TPA yang berada di Selopuro tersebut masih butuh banyak inovasi, terutama dalam hal pengelolaan sampah menjadi gas metan yang menimbulkan bau menyengat,” ujar Sudirman kepada wartawan di Ngawi, Kamis (26/11/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, TPA yang masuk kategori baik dalam penilaian Adipura adalah TPA yang bisa mengolah sampah menjadi gas metan yang ramah lingkungan. Gas tersebut nantinya dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk listrik ataupun bahan bakar warga di sekitar TPA.

“Untuk mewujudkan itu, kami akan berkoordinasi dengan Dinas PU BMCK dan Kebersihan guna membuat program yang berkaitan dengan pengelolaan sampah menjadi gas metan,” kata dia.

Banyak Kendala
Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Cipta Karya, dan Kebersihan Kabupaten Ngawi, Mudhori, mengatakan diperlukan penanganan khusus sebelum gas metan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi sumber energi alternatif. “Kendalanya banyak. Seperti belum adanya alat pengurai serta yang paling pokok adalah jumlah sampah. Sebab, jumlah sampah di TPA Ngawi saat ini belum terlalu banyak bila akan diolah menjadi energi alternatif seperti gas metan,” kata Mudhori.

Jumlah kabupaten/kota di Jawa Timur yang meraih Piala Adipura pada tahun 2015 menyusut dibandingkan dengan tahun 2014 lalu. Pada tahun 2014, dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, sebanyak 37 daerah di antaranya berhasil meraih penghargaan Adipura. Namun, tahun 2015 ini jumlahnya menyusut dan hanya tersisa 20 daerah saja.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya