SOLOPOS.COM - Ilustrasi (theterramarproject.com)

Adik kandung Bambang Irianto, Armaya, terpilih sebagai Wakil Wali Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 24 anggota DPRD Kota Madiun memilih Armaya sebagai Wakil Wali Kota (Wawali) Madiun menggantikan Sugeng Rismiyanto yang saat ini telah menjabat sebagai Wali Kota Madiun. Armaya merupakan adik kandung mantan Wali Kota Madiun, Bambang Irianto, yang kini menjalani hukuman akibat kasus korupsi yang menjeratnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Armaya akan menjadi Wawali Madiun sisa masa jabatan 2014-2019. Armaya terpilih menjadi wakil wali kota setelah menang dalam voting di DPRD Kota Madiun dengan mendapatkan 23 suara. Sedangkan lawannya yakni Muhammad Yamin, Ketua DPD PAN Kota Madiun, hanya mendapatkan lima suara dalam rapat paripurna DPRD setempat, Senin (28/8/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Pemilihan wawali dilakukan setelah Sugeng Rismiyanto dilantik menjadi Wali Kota Madiun. Sebelumnya kursi wali kota Madiun kosong karena Bambang Irianto menjalani proses hukum dan ditahan di LP Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Untuk mengisi kekosongan kursi jabatan wakil wali kota, partai pengusung kemudian mengusulkan dua calon untuk dipilih 29 anggota dewan. Dari hasil voting tersebut, 23 suara memilih Armaya, 5 suara memilih Muhammad Yamin, dan satu suara tidak sah.

Armaya mengatakan sisa masa jabatan hingga 2019 akan digunakan untuk mengawal program, visi, dan misi wali kota. Dia menyampaikan menunggu arahan dari wali kota Sugeng Rismiyanto.

“Saya siap mengawal program, visi, dan misi wali kota sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah,” kata dia kepada wartawan, Senin.

Perihal terpilihnya sebagai wakil kota Madiun, kata dia, akan memberitahukan kabar ini ke kakak kandungnya, Bambang Irianto. “Saya harus memberitahu kepada kakak saya,” kata Armaya.

Dia menegaskan saat mencalonkan diri sebagai wakol wali kota bukan atas pesanan atau titipan dari kakaknya.

Ketua DPRD Kota Madiun, Istono, menyampaikan pihaknya akan langsung mengusulkan penetapan Armaya sebagai wakil wali kota terpilih kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Timur. Dia berharap usulan tersebut segera diproses oleh Mendagri.

Sementara itu, Sugeng Rismiyanto, menyampaikan akan fokus pada penuntasan program-program yang telah tertuang dalam visi dan misi serta RPJMD. Dia mengatakan tidak ada program baru dan pihaknya akan fokus mempercepat pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya