Kategori: Solo

Ada WC Terbuka di Taman Manahan Solo, Pernah Lihat?


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda pernah melintas di sisi Flyover Manahan Solo? Jika diperhatikan ada WC terbuka atau toilet tanpa dinding di depan GOR Manahan Solo, Jawa Tengah, hlo.

Keberadaan toilet tersebut dianggap merusak pemandangan taman kota yang rindang di sekitar sana. Sebab, di sana terlihat sebuah kloset jongkok yang terpasang di tengah taman kota.

Kondisi WC ini berbeda dengan toilet yang berada di sekitar Manahan, karena tidak memiliki dinding penutup alias terbuka.

Baca juga: Mogok Saat Hendak Naik Flyover Manahan, Mobil Warga Colomadu Terbakar

Tidak terlihat lagi ada tandon air di sana. Sebab, toilet tersebut memang sudah tidak dipakai. Tetapi kondisinya tidak begitu terurus. Apalagi banyak dedaunan yang menutupi lubang WC terbuka di Manahan Solo itu.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Solo, Gatot Sutanto, angkat bicara. Dia menyebut dinding toilet itu memang sudah rusak dan sempat roboh. Pihaknya sudah sempat menutup kloset dengan seng.

"Dulu itu rusak, hampir ambruk, makanya sekalian dibongkar. Sudah sempat kita tutup seng, mungkin itu diambil orang, sehingga kelihatan (klosetnya)," kata Gatot seperti dikutip Detik.com, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Nissa Sabyan Disebut Pelakor

Sampai saat ini pihak DLH belum berencana memperbaiki toilet umum di Manahan Solo itu. Gatot masih mengkaji apakah toilet itu masih bisa berfungsi optimal atau tidak.

"Sebab sebelumnya toilet itu malah dipakai penghuni liar, untuk mencuci dan lain-lain. Jadi masih kita pertimbangkan dulu," katanya.

Meski demikian WC terbuka di Taman GOR Manahan Solo itu bakal ditutup sementara karena menganggu pemandangan.

"Nanti sementara kita tutup lagi, kita cari penutup yang tidak bisa dicuri. Karena ini menyangkut estetika Kota Solo juga," pungkasnya.

Baca juga: Nggak Cuma Jalan Solo-Purwodadi, 4 Jalan di Soloraya Ini juga Mirip Jeglongan Sewu

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita