SOLOPOS.COM - Vaksinasi pegawai PT KAI Daops VI Yogyakarta beberapa waktu lalu. (Istimewa/KAI Daops VI)

Solopos.co, JOGJA — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mengadakan program vaksinasi Covid-19 gratis mulai Selasa (3/8/2021) ini di Stasiun Jogja dan Stasiun Solobalapan, Solo. Namun, vaksinasi gratis ini hanya melayani penyuntikan vaksin dosis kedua.

Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan untuk dosis kedua ini juga diperuntukkan bagi calon penumpang KA yang sebelumnya telah melaksanakan vaksin pertama di Stasiun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain itu, untuk mengetahui kapan waktu pelaksanaan vaksin kedua, penumpang KA akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dari aplikasi PeduliLindungi. Setelah mendapatkan SMS jadwal pelaksanaan vaksin dosis kedua, calon penumpang agar melakukan konfirmasi ke nomor telepon yang tersedia saat vaksin pertama. Hal ini untuk mendaftar antrean waktu pelaksanaan vaksin dosis keduanya.

Baca Juga: KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

Sebagai informasi, PT KAI membuka layanan vaksinasi Covid-19 gratis di beberapa stasiun khusus bagi pelanggan KA jarak jauh, sejak Sabtu (3/7/2021). Di Daops 6 Yogyakarta, vaksinasi Covid-19 gratis bagi penumpang KA jarak jauh ada di stasiun Yogyakarta dan Solobalapan.

Kuota Terbatas

Hingga Senin (2/8/2021), ada 3.347 orang yang mengikuti program ini, dengan perincian di Stasiun Yogyakarta 1.750 orang dan Stasiun Solobalapan 1.597 orang.

“Program vaksinasi gratis di stasiun ini merupakan upaya KAI untuk mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi masyarakat,” ujar Supriyanto, Selasa.

Ia mengimbau kepada calon pelanggan KA yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 di stasiun agar merencanakan dengan baik waktu antara vaksinasi, rapid test antigen, dan jadwal keberangkatan. Ini untuk  menghindari keterlambatan naik Kereta Api.

Baca Juga: Vaksinasi Gratis KAI Tersedia di 13 Stasiun

Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya. “PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyampaikan permohonan maaf apabila belum bisa memenuhi semua permintaan masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 gratis,” ucap Supriyanto.

Bagi pelanggan dengan kepentingan khusus yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan KA jarak jauh. Namun, dengan syarat menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku.

Syarat Penumpang

Pelanggan KA yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api harus memenuhi persyaratan. Seperti wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2 x 24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Setiap pelanggan harus dalam kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Kemudian untuk pelanggan di bawah 5 tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Sedangkan pelanggan di bawah 12 tahun dibatasi perjalanannya.

Baca Juga: Warga Soloraya Bisa Vaksinasi Covid Gratis di Lanud Adi Soemarmo

Untuk pelanggan KA Lokal dan aglomerasi wajib menunjukkan surat tanda registrasi pekerja atau surat keterangan lain.

“Info selengkapnya masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI121,” ujar Supriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya