SOLOPOS.COM - Harta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertambah hampir Rp5 miliar dibandingkan 2020 berdasarkan LHKPN 2022. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kebijakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat terkait jam masuk sekolah 05.00 WITA pagi ternyata berimbas ke Kota Solo di Jawa Tengah.

Ada usulan yang datang dari netizen pengguna Twiter @rambutanhitam, terkait kebijakan Gubernur NTT tersebut jika diterapkan di Kota Solo. Menurut dia, jika aturan itu benar-benar dilakukan di Solo bisa memajukan UMKM.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Mungkin kalo di Solo diterapkan masuk sekolah jam 5 seperti di NTT bisa menjadi strategi untuk memajukan umkm sarapan lho mas @gibran_tweet, misal bubur ayam, nasi liwet, soto dan lain-lain,” tulis dia pada Jumat, 3 Maret 2023.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka langsung menanggapi usulan sekolah masuk jam 05.00 pagi diterapkan di daerahnya. Menurut Gibran, justru dengan kebijakan tersebut, anak-anak sekolah tidak sempat untuk sarapan.

“Yang ada malah anak2 ke sekolah gak sempat sarapan,” kata pengelola akun Twitter @gibran_tweet.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur NTT meminta murid-murid SMA/SMK untuk masuk sekolah pukul 05.00 WITA pagi yang mulai diberlakukan awal pekan ini. Video dan informasi mengenai kebijakan tersebut viral di media sosial (medsos), termasuk Twitter.

Gubernur mengumumkan kebijakan itu saat rapat bersama para kepala sekolah. Video Gubernur NTT menyampaikan kebijakannya beredar di Twitter.

Salah satu akun yang mengunggah video itu adalah @Trending_Issue. Berdasarkan pantauan Solopos.com, pada video itu Gubernur Viktor mengatakan pelajar SMA/SMK yang di bawah naungan Disdikbud NTT harus sudah tidur pukul 22.00 WITA agar bisa bangun setidaknya pukul 04.00 WITA.

Hal itu untuk persiapan agar bisa masuk pukul 05.00 WITA. Menurut dia, tidur selama enam jam bagi pelajar sudah cukup. Gubernur Viktor menyebut setidaknya perlu waktu 30 menit untuk persiapan setelah bangun tidur dan 30 menit menuju sekolahan.

“Perjalanan 30 menit sampai sekolah. Jam 05.00 WITA mulai [masuk sekolah], pasti berlaku. Semua yang melakukan perubahan itu pasti sakit,” ucap Gubernur Vitkor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya